@shutterstock

Sereal, Resep Makanan Sehat di Waktu Sempit

Tinggal di kota besar seperti Jakarta seringkali membuat para orang tua tergesa-gesa di pagi hari. Bangun tidur, langsung bersiap ngantor. Tak ada banyak waktu untuk berkreasi perihal makanan sang buah hati. Walhasil, sang anak pun bosan dan memilih untuk makan di luar rumah.

Namun tak perlu khawatir. Ada beberapa tips dan trik agar si kecil tetap tak ketinggalan waktu sarapan di rumah. Salah satunya adalah menyiapkan sereal sebagai menu sarapan mereka. Ada beragam sereal sehat dan bergizi,lho.

Jadi, orang tua tak perlu takut mereka bakal kekurangan asupan bergizi. Berikut di antaranya:

- Sereal gandum
Menurut Angela Lang, nutrisionis dari Maryland, Amerika Serikat, sereal gandum sangat cocok disantap sebagai menu sarapan. Soalnya, gandum sangat baik dalam membantu proses pencernaan di pagi hari. Gizinya pun padat. Semangkuk sereal gandum mengandung 200 kalori, protein sebanyak 6 gram, dan serat sebanyak 6 gram.

Baca Juga : Pilihan Sereal Gandum Utuh Kaya Serat
 

- Sereal Anggur-Kacang
Meski kurang populer di Indonesia, sereal jenis ini menjadi salah satu satu hidangan favorit di Amerika Serikat dan Kanada. Tak berbeda dengan gandum, sereal kombinasi ini juga sarat gizi. Menurut Angela Lang, terdapat 6 gram protenin dan zat besi di sereal jenis ini.

- Sereal Keju-Cheerios
Sereal jenis ini terbuat dari campuran buah ceri dan keju. Walhasil, paduan dua jenis bahan ini membuat sereal memiliki rasa gurih dan manis. Soal kandungan gizi, keju-cheerios tetap tak kalah dari gandum dan anggur-kacang. Terdapat 100 kalori per sajiannya. Dan, ada kelebihan lainnya. Menurut penelitian salah satu rumah sakit di Boston, Amerika Serikat, sereal ini punya kandungan gula yang rendah. Jadi, amakn dikonsumsi.

- Sereal Whole Grain
Sereal jenis ini adalah varian lain dari gandum. Bedanya, whole grain punya tekstur lebih kenyal seperti ketan. Meski begitu, kandungannya gizi tetap mumpuni. Dalam semangkuk sereal ini terdapat 70 kalori dan banyak serat. So, tak akan menyumbang banyak gula ke dalam tubuh.

Quacker
Pengembangan lain dari gandum. Mengandung 5 gram protein dan 4 gram serat. Enak dipadukan dengan irisan buah.

Share artikel ini:

Artikel Terkait