©shutterstock

5 Makanan Pendukung Kulit Sehat

Setiap orang terutama wanita ingin memiliki kulit yang indah dan sehat. Namun, untuk mendapatkannya tidaklah instan dalam waktu semalam. Diperlukan perawatan dan juga asupan nutrisi yang tepat. Kulit cantik juga tercipta dari tubuh yang sehat lho, jadi selalu perhatikan asupan makanan Anda ya. Berikut ini adalah lima makanan pendukung kulit sehat yang bisa Anda coba.

Buah berry
Sudah bukan rahasia lagi, jika aneka buah berry seperti blueberry dan blackberry adalah buah dengan kandungan antioksidan yang sangat berlimpah. Antioksidan ini mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko penuaan dini.

Biji bunga matahari
Biji yang satu ini kaya akan vitamin E yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV. Selain nikmat untuk dijadikan camilan, biji bunga matahari juga bisa digunakan untuk campuran sereal dan salad. Tapi, pastikan tidak menambahkan garam terlalu banyak dalam salad Anda ya, karena garam tidak baik untuk kulit.

Cokelat
Berita bahagia untuk Anda pecinta cokelat karena makanan yang satu ini ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit Anda, terutama dark chocolate. Cokelat dapat meningkatkan asupan flavonol yang meremajakan kulit. Tapi, perlu diingat jika cokelat memiliki kalori yang cukup tinggi, jadi konsumsi dengan bijaksana ya.

Ubi jalar
Ubi jalar yang tidak begitu populer ternyata mengandung vitamin A dan vitamin C yang keduanya penting untuk membentuk kulit sehat dan bersinar. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit semakin kenyal dan halus. Bonusnya, vitamin A juga merupakan antioksidan yang kuat melawan radikal bebas dan mencegah kanker kulit. Tidak ada alasan untuk tidak memilih camilan ini kan?

Tomat
Tomat yang kaya akan vitamin C ternyata merupakan sumber antioksidan atau lycopene yang membantu meningkatkan kesehatan kulit serta melindungi pigmentasi. Tambahkan saus tomat pada salad Anda atau beberapa iris pada sandwich untuk meningkatkan asupan lycopene pada menu harian Anda.

Dengan mengonsumsi kelima makanan di atas, kulit sehat dan cantik bukan lagi impian. Jadi, segera sediakan makanan-makanan sehat tersebut di dapur Anda ya. Yuk ucapkan selamat datang pada kulit sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait