6 Olahan Masakan Daging Sapi Favorit Keluarga

Daging sapi selalu menjadi salah satu bahan makanan favorit keluarga, karena kaya akan protein, zat besi, dan nutrisi lainnya yang berguna bagi pertumbuhan tubuh. Ditambah lagi, hampir semua bagian daging sapi bisa diolah menjadi masakan, bahkan bagian dalam tubuh seperti lidah, hati dan jeroannya juga bisa menjadi masakan daging sapi yang lezat.

Berikut adalah olahan masakan daging sapi yang menjadi favorit keluarga.

Rendang

Berbicara soal masakan daging sapi, rendang salah satu juaranya. Masakan daging sapi khas Indonesia ini bahkan sudah diakui secara internasional sebagai salah satu masakan terlezat di dunia! Masakan daging sapi bercita rasa pedas ini berasal dari Sumatra Barat, yang dimasak menggunakan santan kelapa. Rendang juga bisa disimpan untuk waktu yang lama.

Semur

Bagi yang menyukai hidangan manis-gurih, semur bisa jadi pilihan olahan masakan daging sapi yang tepat. Diolah dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkeh, semur menjadi hidangan daging sapi rebus khas Indonesia. Dimasak secara perlahan dalam rebusan, semur menghasilkan masakan daging sepi yang lembut dan sedap.

Tongseng

Mau masakan daging sapi dengan rasa yang lebih legit? Tongseng jawabannya. Tongseng terbuat dari daging yang masih melekat pada tulang, seperti tulang iga dan tulang belakang. Bahan-bahan ini kemudian dimasak bersama sayuran seperti kol, bawang putih, tomat dan kecap. Kombinasi rasa manis, gurih dan asin dari tongseng sangat tepat untuk dinikmati bersama-sama keluarga.

Sate

Masakan daging sapi khas nusantara yang tak boleh ketinggalan adalah sate. Daging sapi dipotong kecil-kecil, lalu ditusuk dan dibakar. Sate bisa dihidangkan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap. Hmm, pasti sedapnya tak tertandingi.

Sup

Semua bagian daging sapi bisa diolah menjadi masakan, bahkan buntutnya. Olah buntut sapi menjadi sop buntut, hidangan hangat, kaya cita rasa yang pasti akan membuat keluarga ketagihan. Variasi lainnya adalah sup iga, dengan kombinasi daging yang lebih besar. Dimakan bersama nasi hangat, nikmatnya tak tertandingi.

Dendeng

Selain rendang, dendeng juga salah satu masakan daging sapi yang awet, sehingga bisa disimpan dalam waktu lama. Daging sapi yang diiris-iris tipis lalu dikeringkan ini memiliki rasa yang berbeda dari olahan daging sapi lainnya. Daging yang kering dan renyah, berpadu dengan rasa manis. Sungguh khas Indonesia.

Share artikel ini:

Artikel Terkait