©shutterstock

6 Trik Ngemil Sehat Pendorong Semangat Berolahraga

Pada umumya, orang yang banyak ngemil akan mudah merasa kenyang dan ngantuk, dengan begitu semangat berolahraga akan menghilang. Namun kabar baiknya, ternyata ada camilan yang bisa membuat Anda lebih bersemangat olahraga lho. Mau tahu bagaimana triknya dan apa saja jenis makanannya? Berikut ulasan lengkapnya.

Miliki kacang kesukaan di tangan
Kacang-kacangan tinggi asam lemak, omega 3, serat dan protein yang baik bagi kesehatan dan jantung Anda. Selain itu, kacang juga mengurangi kolesterol dan meningkatkan tingkat energi. Camilan ini sempurna jika dikonsumsi sebelum olahraga, karena membantu menambah energi dan merasa jauh lebih baik. Almond, kacang tanah, atau walnut bisa menjadi pilihan yang lezat. Tapi jangan mengonsumsinya setiap hari ya, karena kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Konsumsi lebih banyak sayuran
Memakan camilan sayuran seperti wortel, tomat, mentimun dan brokoli sebelum olahraga dapat semakin menambah energi Anda untuk mencapai kebugaran. Selain itu, sayuran ini juga bisa membuat Anda merasa kenyang selama sesi latihan.

Bawa buah dalam genggaman
Pastikan Anda membawa buah-buahan yang bisa dengan mudah dibawa dalam genggaman, seperti apel, pir atau pisang. Jika merasa lapar, Anda telah memiliki buah penyelamat yang pastinya sehat dan dapat mendorong untuk lebih bersemangat olahraga.

Sediakan camilan buah di lemari es
Selain menyiapkan buah segar, pastikan Anda membuat camilan dari buah atau sayur yang bisa tahan lama jika disimpan dalam lemari es. Hal ini dilakukan untuk antisipasi jika Anda kehabisan stok buah. Misalnya saja, buat es loli yang terbuat dari potongan buah atau jus yang telah dibekukan.

Hindari keripik dan biskuit
Kedua camilan ini memang sangat lezat, namun bisa menyebabkan Anda semakin malas untuk melakukan apapun. Pasalnya, rasanya yang manis akan membuat Anda semakin kenyang dan mengantuk. Jauhkan kedua camilan ini dalam daftar menu  sehat Anda ya.

Kontrol porsi makan
Jika Anda ingin mengonsumsi camilan yang sehat, perhitungkan juga porsi konsumsinya ya. Idealnya, porsi camilan sehat adalah seperempat menu makanan utama. Waktu memakannya juga tidak boleh sembarangan, sebaiknya makan camilan setiap 2-3 jam agar bisa membantu meningkatkan daya tahan  dan stamina selama berolahraga.

Dengan mengaplikasikan trik di atas, semangat dan stamina berolahraga semakin bertambah deh. Selamat menyambut hidup sehat dengan olahraga dan camilan yang tepat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait