Amankah Air Kapur Sirih pada Resep Klepon ?

Kue klepon merupakan salah satu jajanan pasar asli Indonesia yang sudah cukup terkenal hampir di seantero nusantara. Kue hijau berbentuk bola-bola kecil dengan rasa manis di dalamnya, serta rasa gurih di kulit luarnya lengkap dengan baluran parutan kelapa sangat disukai oleh banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa.

Selain rasanya enak, kue tradisional ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal. Biasanya resep klepon menggunakan air kapur sirih untuk mendapatkan tekstur kue yang kenyal. Seperti apa kapur sirih itu? Apakah aman menggunakan air kapur sirih pada resep klepon?

Kapur sirih berasal dari bebatuan jenis gamping yang diperoleh dari gunung kapur. Meski demikian, jenis batu kapur sirih tidak sama dengan kapur bahan bangunan. Manfaat kapur sirih cukup beragam, baik untuk kesehatan, kecantikan dan sudah lazim digunakan dalam industri makanan sebab secara klinis aman untuk dikonsumsi. Pada resep klepon, air kapur sirih yang digunakan hanyalah sebanyak 1-2 sendok saja.

Lantas bagaimana air kapur sirih bermanfaat untuk dicampurkan ke dalam bahan makanan? Pada resep klepon, kandungan kalsium di dalam kapur sirih akan bereaksi dengan pati dari beras atau tepung, sehingga klepon akan bertekstur lebih kenyal, padat dan tidak lembek. Selain itu, air kapur sirih pada resep klepon juga bisa membuat makanan menjadi lebih awet dan menambah rasa gurih pada klepon.

Sebenarnya bukan kapur sirihnya yang digunakan untuk mengolah resep klepon, melainkan air kapur sirih. Untuk mendapatkan air kapur sirih, Ibu cukup merendam kapur sirih dengan air. Penting untuk diingat, takaran air harus dua kali dari takaran kapur sirih. Jadi jika kapur sebanyak 250 gram, sebaiknya airnya sebanyak 500ml.

Setelah air dituang, aduklah hingga benar-benar merata, Jangan sampai ada bubuk kapur sirih yang menggumpal. Setelah itu diamkan campuran air dan kapur sirih selama kurang lebih 30 menit hingga tercipta endapan kapur. Endapan tersebut akan mengumpul di lapisan paling bawah wadah. Sementara itu, lapisan atas adalah air. Lapisan atas tersebutlah yang disebut dengan air kapur sirih.

Untuk hasil terbaik, yakni air kapur sirih yang lebih bening dan bersih, Ibu bisa diamkan sampai sehari semalam. Dengan demikian, air kapur sirih resep klepon yang Ibu racik terbebas dari rasa pahit dan getir khas kapur sirih.

Selain pada resep klepon, manfaat air kapur sirih cukup beragam pada makanan lain. Air kapur sirih juga bisa digunakan untuk merendam buah-buahan untuk bahan membuat es buah, atau sup buah pun manisan buah. Dengan merendam buah di air kapur sirih akan membuat permukaan buah jauh lebih keras dan sedikit garing saat dimakan. Selain itu juga, air kapur sirih berguna untuk membuat keripik dan gorengan agar lebih renyah.

Share artikel ini:

Artikel Terkait