Berbagai Macam Bumbu Sate Khas Nusantara Kreasi Sahabat Nestle

Sebagai salah satu hidangan khas Indonesia, pasti Ibu sudah sering membuat sendiri sate untuk disantap bersama keluarga di rumah. Apalagi membuat variasi sate begitu mudah, hanya tinggal mengkombinasikan bumbu sate dengan jenis daging yang digunakan. Kali ini, Sahabat Nestle siap membantu Ibu memberikan inspirasi dalam menyiapkan hidangan sate dengan beragam variasi bumbu sate.


Sate khas nusantara beragam jenisnya. Ibu tak perlu khawatir mencari inspirasi dalam membuat sate, yang penting adalah kreatif dalam mengolah daging yang akan digunakan serta juga bumbu sate yang menjadi pelengkap makanan. Untuk inspirasi, Ibu bisa mencontoh resep-resep sate khas nusantara yang ada.


•    Bumbu Kelapa Sate Pentul Bali
Sate khas dari Bali ini memang berbeda dari sate khas nusantara lainnya. Bila sate biasanya terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil lalu ditusuk, sate pentul Bali menggunakan daging yang telah dicincang halus.


Sate Pentul Bali ini dibuat dari daging ikan, yang dibumbui lalu dililitkan ke batang serai. Bumbu yang digunakan juga dicampur dengan parutan kelapa. Tusukan sate pentul Bali juga lain dari yang lain, karena menggunakan batang serai. Batang serai menambah sedap aroma sate pentul Bali sehingga membuatnya menjadi lebih menggoda selera.


Menggunakan bahan dasar ikan kakap, sate pentul Bali cocok sekali untuk ibu yang ingin menghidangkan sate namun tetap ingin menjaga kolesterol. Apalagi dengan kandungan protein dan omega-3 yang tinggi, ikan kakap segar dan penuh nutrisi untuk menu makanan keluarga.
Lihat resep lebih lengkapnya di sini.


•    Bumbu Kacang Satai Ponorogo
Untuk menggugah selera makan anak, penampilan masakan adalah hal yang utama. Semakin makanan terlihat menarik, si kecil juga pasti semakin tidak sabar untuk menyantapnya.


Bila ingin mengenalkan sate khas nusantara kepada si kecil, satai ponorogo bisa menjadi pilihan. Satai ponorogo enggunakan potongan daging ayam filet panjang-panjang, tidak dipotong kecil-kecil seperti sate pada umumnya. Bumbu sate yang digunakan untuk sate yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur ini adalah bumbu kacang yang dilengkapi dengan kecap manis dan irisan cabai rawit dan bawang merah.


Mengandung protein tinggi dari daging ayam yang menjadi bahan utamanya, satai ponorogo tepat untuk menjadi hidangan sehat bagi keluarga. Sekaligus juga mengenalkan hidangan khas nusantara kepada si kecil.
Lihat resep lebih lengkapnya di sini.


•    Bumbu Kuah Tempe Sate Sapi Kuah
Ingin menyajikan sate nusantara yang lain daripada yang lain? Sate sapi kuah bisa jadi pilihan. Sate sapi racikan khas Kotagede, Yogyakarta ini unik dan berbeda dari sate-sate khas nusantara lainnya, yaitu dari bumbu sate yang digunakannya.


Sate daging sapi dihidangkan dengan kuah tempe, bukan bumbu kacang atau bumbu kecap seperti sate-sate biasanya. Untuk melengkapi hidangan, sate daging sapi disajikan dengan lontong dan juga sambal kacang. Karena menggunakan tempe yang mengandung kacang kedelai serta daging sapi, sate daging sapi memiliki kandungan protein yang tinggi.
Lihat resep lebih lengkapnya di sini.

Share artikel ini:

Artikel Terkait