Cara Mudah Memahami Label Nutrisi Pada Kemasan Makanan

Saat membeli sesuatu, pastikan Anda membaca labelnya terlebih dahulu. Namun ingat, jangan terlalu percaya pada label yang tertera di depan produk yang biasanya ditulis dengan huruf yang besar-besar agar mudah terlihat. Hal ini dikarenakan bagian depan label adalah di mana produsen bisa mengatakan apa pun yang mereka inginkan, seperti "Menyehatkan Jantung!", "Diperkaya Dengan Kalsium dan Vitamin!" atau "Rendah Lemak!".

Sebaiknya, langsung baca nutrition facts di belakang kemasan. Seperti saran Kerry McLeod, penulis The Last Diet Book Standing, "Baca sekilas label di depan dan langsung cermati bagian nutrition facts di belakang kemasan!".

Kepada WebMD, Kerry menjelaskan mengapa istilah-istilah di label depan berikut ini merupakan tanda bahaya.

Fortified, enriched, added, extra, dan plus
Ini berarti nutrisi seperti mineral dan serat telah dihapus dari produk tersebut dan vitamin ditambahkan dalam pengolahan. Sebaiknya, carilah 100% roti whole-wheat, tinggi serat dan sereal rendah gula.

Fruit drink
Ini berarti ada kemungkinan buah asli yang digunakan hanya sedikit atau tidak ada sama sekali, dan cenderung banyak gula. Sebaliknya carilah produk yang mengatakan "100% Jus Buah."

Made with wheat, rye, atau multigrains
Produk ini memiliki sangat sedikit gandum. Carilah kata "whole" sebelum kata gandum guna memastikan bahwa Anda mendapatkan produk gandum 100%.

Natural
Memang, produsen memulai segala sesuatu dari bahan yang alami. Akan tetapi setelah melalui tahap pemrosesan, makanan mungkin tidak lagi alami. Carilah "100% Alami" dan "Tanpa Pengawet".

Organically grown, pesticide-free, atau no artificial ingredients
Percayalah hanya label yang mengatakan "Bersertifikat Organik" padahal sebenarnya tidak demikian.

Sugar-free atau fat-free
Jangan menganggap produk ini rendah kalori. Para produsen menggantinya dengan bahan-bahan yang tidak sehat yang memiliki rasa yang kurang enak, bahkan tidak memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan aslinya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membaca label nutrisi yang terdapat dalam kemasan baik produk makanan maupun minuman. Semoga informasi di atas membuat Anda lebih peka mengenai apa saja yang ingin Anda beli sehingga tahu mana yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Share artikel ini:

Artikel Terkait