Cara Mudah Membuat Hiasan Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng hampir selalu dijadikan hidangan istimewa dalam acara-acara khusus. Nasi berbentuk kerucut yang dilengkapi dengan lauk pauk istimewa ini juga diberi sentuhan khusus berupa hiasan agar terlihat semakin menarik dan mengguggah selera.

Ibu bisa membuat sendiri hiasan untuk nasi tumpeng dengan memanfaatkan berbagai sayuran yang ada di dapur. Berikut ini adalah cara mudah membuat hiasan nasi tumpeng dari sayuran yang bisa Ibu coba praktikkan sendiri di rumah.

 

Bunga Mawar dari Tomat

Tomat yang berbentuk bulat bisa Ibu sulap menjadi bunga mawar yang cantik. Sebelum mengolah tomat menjadi hiasan nasi tumpeng, sebaiknya Ibu siapkan pisau kecil yang tajam. Kupas kulit tomat secara melingkar, sehingga menjadi lembaran tipis dan panjang. Usahakan kulit tomat tidak terputus. Setelah itu, buat gulungan dari kulit tomat tersebut hingga membentuk bunga mawar mekar. Susunlah kelopak-kelopak bunga mawar tersebut di sekeliling nasi tumpeng.

 

Kelopak Bunga dari Cabe

Pilihlah cabe merah yang besar dan panjang. Jangan buang tangkainya ya Bu. Pertama, potong cabe merah menjadi dua bagian. Gunting bagian bawah cabe merah jangan sampai putus, hingga keatas dengan menggunakan gunting. Gunting lagi bagian sisi yang lain, secara bergantian. Ulangi terus hingga membentuk kelopak bunga. Agar lebih cantik, sebaiknya buang biji dan serat-serat cabe hingga bersih. Ada baiknya, sebelum mengolah cabe, Ibu merendam cabe dengan menggunakan es atau air es terlebih dahulu agar bunga dari cabe tampil merekah dan cantik.

 

Kelopak Bunga dari Timun

Timun sering sekali dijadikan sebagai pelengkap setiap jenis masakan. Biasanya hanya disajikan dengan cara dipotong miring atau dipotong dadu. Namun untuk hiasan nasi tumpeng, Ibu bisa berkreasi membuat kelopak bunga dari timun agar terlihat lebih istimewa.

Siapkan pisau kecil dan tajam. Pilih timun yang cukup besar dan mulus, lalu potong timun sejajar menjadi dua bagian. Buatlah kelopak bunga dengan mengiris mentimun tipis-tipis. Atur ketipisan potongan dengan jarak yang rata dan teratur. Potong sampai mendekati bagian bawah mentimun. Jangan terlalu ke bawah, karena Ibu harus menjaga agar kelopak tetap utuh.

Untuk sentuhan terakhir, buang semua biji mentimun dengan pisau pengupas, lalu iris tipis bagian bawah agar mentimun dapat berdiri. Untuk menambah kesan manis, tambahkan sayuran kecil di tengah mentimun. Ibu bisa menggunakan wortel yang diiris lembut, atau tomat cherry.

 

Bunga Aster dari Wortel
Siapkan wortel yang cukup besar dan lebar. Pertama, iris tebal wortel dengan bentuk bulat. Setelah itu gunakan cetakan kue yang berbentuk bunga untuk membuat pola. Berikan sentuhan tambahan dengan mengiris-iris bagian tengah wortel dengan menggunakan pisau agar menyerupai bunga aster.

 

Pagar dari Kacang Panjang

Selain dengan daun pisang, Ibu bisa menghias sekeliling tampah dengan membuat pagar dari kacang panjang. Pertama buat pola dengan kacang panjang yang ditusuk ke tusuk gigi pada sekeliling tampah. Setelah itu lilit dengan kacang panjang selang seling depan belakang, membentuk kepang, demikian seterusnya hingga membentuk pagar yang cantik.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait