Home Style Fast Food

Hampir semua Ibu rumah tangga mempunyai setumpuk kesibukan. Mulai dari urusan anak, urusan gaul dengan teman dan urusan suami. Banyak waktu yang tersita untuk semua kegiatan ini, sehingga memasak untuk keluarga dirumah menjadi suatu prioritas yang tidak terlalu penting, karena ada mbak, ada delivery service atau makan diluar. Padahal memasak untuk keluarga dan menyempatkan makan bersama satu kali sehari saja sangat penting untuk mempererat hubungan keluarga inti. Alasan sibuk dan tidak punyak waktu adalah alasan yang sangat popular. Sehingga kita tidak tahu lagi dimana letak ‘honesty’ dari alasan tersebut apabila tercetus dalam percakapan.

Ibu yang sibuk tidak perlu mamasak setiap hari. Banyak trik dan tips yang dapat membantu agar urusan penting satu ini tidak tertinggal. Sebagai penyatu keluarga, Ibu mempunyai peranan penting untuk melakukan hal-hal yang memang menjadi element pemersatu keluarga. Simbolik dan himbauan yang kita dengar dan tonton di TV mengenai ‘keluarga sakinah’ tidak ada artinya apabila hanya dibaca dan didengar. Karena kita tidak akan mengerti inti dari himbauan tersebut apabila kita tidak terjun langsung kedalam 'kampanye' membangun keluarga sakinah.

Mari kita memulai ke sakinahan ini dari dapur. Karena kita semua tahu kata pepatah Cinta datangnya dari Perut!

Apabila merasa bosan di kantor dan perlu ‘break’ sebentar, pikirkan menu makanan untuk seminggu. Kalau perlu cari buku masak yang dengan judul kira –kira seperti ini Food For Freezing atau Meal from Freeze atau google saja judul tersebut, dan Voila! Pasti banyak info yang bermunculan. Apabila Anda seorang pemula dalam memasak, sekali waktu daftarkan diri ke kelas masak dengan ‘special request.' Hal ini untuk membangkitkan 'PEDE' Anda di dapur. 

Buat daftar masakan gampang apa yang menarik hati Anda. Tentukan juga jadwal kapan Anda akan menikmati masakan itu bersama keluarga. Hari Sabtu – saat makan siang, atau Hari Minggu – saat makan malam. Mulailah ‘one step at a time’. Buat beberapa list menu untuk 4 minggu. Berarti ada 4 macam menu masakan yang akan dinikmati bersama keluarga tiap weekend.

Berbekal list menu, buat daftar bahan yang harus dibeli untuk 4 kali makan. Dan jadwalkan hari belanja Anda agar Anda dapat memasak semuanya di ahir pekan terdekat untuk acara makan minggu depannya. Masaklah ke empatnya sekaligus, dan simpan dalam freezer. Mungkin ada yang dalam taraf separuh masak atau sudah masak sehingga nanti hanya perlu dipanaskan.

Selalu mulai dengan satu main course, sebagai pemula, Anda di ijinkan untuk membeli appetizer dan dessert, sampai Anda sanggup untuk memasak semuanya sendiri.

Contohnya, apabila Anda ingin memasak ayam panggang dengan kentang panggang. Lakukan ‘marination’ pada ayam, dan masukkan ke freezer seminggu kebelakang. Sehari sebelum ayam akan dipanggang keluarkan dari freezer agar mencair. Setelah ayam cair, masukkan dalam oven, beserta kentang yang telah direbus setengah matang dan di laburi minyak dan diberi sedikit Rosemary. Panggang dalam oven 50 menit. Saat ayam dipanggang, Anda dapat menyiapkan sayur yang akan dimasak. Memasak sayur sangat cepat, lakukan saat ayam matang dan telah dikeluarkan dari oven, karena ayam tersebut harus dibiarkan sebentar di ruangan agar ‘settle’, So, saat sayur matang, ayam pun ready untuk dinikmati bersama kentang panggang.

Bagaimana dengan dessert? Dessert yang paling gampang adalah es krim, selalu sedia es krim di freezer. Beli saja waffle di supermarket, panaskan sebentar di oven, lalu taruh dipiring dengan 1 scoop es krim, dan potongan strawberry yang ditaburi gula halus. Dessertpun siap dinikmati. Bon apetite!!

Share artikel ini:

Artikel Terkait