Ingat, Minum Air Putih!

Sebagian besar dari tubuh manusia mengandung air, maka tak heran jika kebutuhan akan air begitu vital diperlukan. Darah yang membawa nutrisi ke seluruh tubuh 82% terdiri dari air dan paru yang mengolah oksigen 90%-nya adalah air. Demikian pula, otak sebagai pusat pikiran manusia mengandung air sebanyak 76%. Bahkan, tulang yang keras pun, 25%-nya adalah air. Inilah sebabnya mengapa air sangat menentukan derajat kesehatan tubuh seseorang.

Di samping itu, air juga memiliki banyak manfaat yang lain. Salah satunya bisa menjadi sumber vitamin dan mineral yang berguna untuk melarutkan makanan dalam proses pencernaan. Lebih lanjut, air juga dapat mengurangi stres, rasa cemas dan depresi yang berdampak pada penuaan dini.

Kebiasaan minum air putih bagi anak juga sangat penting. Karena tingkat ketahanan tubuh anak terhadap serangan diare, ditentukan pula oleh seberapa bagus keseimbangan cairan tubuhnya. Jika memiliki keseimbangan cairan yang baik, anak tidak akan cepat mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Fungsi air lainnya adalah sebagai sumber mineral bagi sel-sel tubuh kita. Menurut DR. Ir. Endang S. Sunaryo, M.Sc, satu-satunya zat gizi makro yang mengandung mineral dalam komposisi yang sangat banyak adalah air. Beliau ini merupakan Vice President Research & Development PT. Tirta Investama sekaligus dosen S2 ilmu gizi di Institut Pertanian Bogor.

Mineral sendiri memiliki kegunaan beragam bagi tubuh. Beberapa di antaranya mampu mengaktifkan keseimbangan enzim, membentuk keseimbangan hormon dan sistem kelenjar bersama protein, membantu mengontrol gula darah, mengaktifkan saraf serta meningkatkan penyerapan dan metabolisme zat gizi lain.

Hal ini tentu saja semakin membuktikan bahwa tidak ada metabolisme di dalam tubuh yang tidak melibatkan air. Oleh karena itu, mengonsumsi air putih adalah kebutuhan yang mutlak untuk kehidupan. Jaga kesehatan si kecil dan keluarga dengan mengonsumsi minimal delapan gelas air per hari ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait