@shutterstock

Kefir Rendah Gula Untuk Keluarga

Apa sih kefir itu? Kefir adalah susu yang difermentasikan. Bisa dibilang, kefir hampir sama dengan yogurt, tapi kefir memiliki lebih banyak mikroba dari hasil fermentasi daripada yogurt. Maka dari itu, banyak orang menyebut kefir sebagai “Yogurt Super”.

Dalam proses pembuatan kefir, diperlukan biji kefir untuk membuat susu berfermentasi. Biji kefir berbentuk butiran dan berwarna putih kekuningan. Ketika dimasukkan ke dalam susu, biji kefir akan berubah menjadi kecokelatan. Biji kefir mengandung bakteri, mikroorganisme, dan ragi, yang akan membuat rasa kefir menjadi sedikit asam, seperti yogurt. Setelah digunakan biji kefir bisa dicuci dan di simpan ke dalam freezer agar bisa digunakan lagi.

Kefir terdiri dari dua jenis, yaitu susu kefir dan kefir bening. Susu kefir mengandung 4 gram gula yang berasal dari laktosa susu. Susu yang digunakan untuk membuat kefir adalah susu sapi rendah lemak. Anda juga bisa lho membuat kefir sendiri. Yuk simak caranya!

Alat dan bahan yang dibutuhkan
Toples kaca atau toples plastik
Spatula
Saringan tepung
Botol atau jar
Wadah plastik
Susu segar rendah lemak
Biji kefir
Usahakan semua alat yang digunakan dalam keadaan bersih dan steril.

Cara membuat

  1. Campurkan 100 gram biji kafir ke dalam 2 liter susu sapi rendah lemak dalam toples yang sudah dipasteurisasi dalam ruangan bersuhu 28-30 derajat Celcius. Tutup rapat toples dan simpan di ruangan yang bersih dan hangat tanpa terkena sinar matahari selama 24 sampai 48 jam. Inilah yang disebut proses fermentasi.

  2. Setelah difermentasi, buka toples dan aduk kefir secara perlahan agar susu dan biji kefir tercampur. Setelah diaduk tutup dan simpan kembali selam 6 jam.

  3. Setelah 6 jam, akan terlihat pemisahan antara kefir susu dan kefir bening.

  4. Siapkan saringan tepung, spatula, dan wadah khusus untuk menyaring kefir.

  5. Saring kefir untuk memisahkan susu kefir dengan kefir bening.

  6. Nah, kefir buatan Anda sudah jadi.

Dalam menyimpan kefir, letakkan kefir dalam freezer dengan suhu maksimal adalah 4 derajat Celcius, dengan begitu kefir buatan Anda bisa bertahan hingga dua bulan. Di samping itu, minum kefir juga punya banyak manfaat lho untuk kesehatan, seperti menurunkan kolesterol, mencegah kanker, dan menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh. Wah, ternyata di balik lamanya proses membuat kefir, kefir punya banyak manfaat baik. Yuk minum kefir mulai sekarang!

Share artikel ini:

Artikel Terkait