Kiat Jitu Kontrol Kebutuhan Nutrisi Si Kecil

Kebutuhan anak akan nutrisi menyehatkan bagi tubuhnya memang perlu untuk dipenuhi setiap hari. Nah menjadi tanggung jawab siapakah pemenuhan nutrisi tersebut? Tentu saja tanggung jawab sepenuhnya terletak di tangan orangtua bagi anak-anak mereka yang belum memahami pentingnya arti nutrisi bagi tubuh mereka sendiri.

Demi bisa memasukkan asupan nutrisi yang maksimal, maka orangtua perlu menyiasatinya dengan berbagai trik yang cerdas. Mengapa? Sebab tak semua makanan bergizi memiliki rasa yang enak dan penampilan yang menarik. Tentu semua itu sangat berpengaruh terhadap selera si kecil untuk memakannya atau tidak.

Salah satu kiat terbaik dalam mengajarkan buah hati Anda untuk mengonsumsi makanan yang sehat adalah melalui contoh. Jika Anda merupakan role model yang baik bagi putra-putri Anda dalam hal makan makanan sehat, bisa dipastikan seluruh keluarga Anda akan terpengaruh untuk menjadi sehat pula.

Demi membangkitkan selera makan, anak pun wajib bergerak. Dengan bergerak, maka energi keluar. Semakin aktif si kecil bergerak, semakin besar pula nafsu makannya. Bagaimana cara mencegah si kecil terlalu lama menikmati jam layarnya seperti menonton televisi maupun komputer? Kuncinya terletak pada Anda. Jika Anda disiplin membatasi waktu layar setidaknya dua jam, maka si kecil pun akan berusaha mencari kegiatan lain. Di situlah Anda bisa menawarkan aktivitas untuk bergerak. Sepulang dari aktivitas, goda anak Anda yang sedang lapar dengan makanan ringan yang sehat  seperti potongan buah-buahan, biskuit dari keju, jus buah dan sayuran atau susu.

Anda juga perlu membenahi isi kulkas Anda seperti yang direkomendasikan Connie Evers, MS, RD. Singkirkan semua bahan makanan yang tak bergizi dan gantikan dengan makanan yang lebih bernutrisi. Makanan yang mudah terlihat, itulah yang seringkali bakal masuk baik ke perut Anda maupun si kecil. Oleh karena itu, siapkan makanan sehat seperti buah dan sayuran, roti isi atau yogurt rendah lemak di tempat-tempat yang mudah dilihat.

Guna menghindari peperangan di meja makan karena si kecil tak mau menyantap makanan sehatnya, Anda bisa menyiasati dengan mengajaknya berdiskusi tentang makanan yang akan dimakannya. Anda juga bisa mengajaknya berbelanja kebutuhan makan selama seminggu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait