Kiat Membuat Hidangan Sehat dan Lezat

Banyak orang beranggapan makanan lezat identik dengan makanan tidak sehat. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Jika pintar menyiasati, hidangan sehat tidak hanya lezat namun juga menggugah selera.

Lantas bagaimana kiat agar menu makan kita tetap lezat namun juga sehat?

  1. Perkaya rasa masakan dengan bumbu. Selain memberi cita rasa lezat, bumbu masak juga memberi tambahan nutrisi penting, seperti vitamin dan mineral esensial.
  2. Pilih bahan berkualitas. Bahan pangan  yang segar, baik itu produk hewani maupun nabati akan menghasilkan masakan kualitas prima dari sisi cita rasa.
  3. Variasikan bahan. Penggunaan bahan yang beragam akan membuat makanan lebih menarik, kaya rasa dan warna sehingga lebih menggugah selera.
  4. Hidangan berkuah seperti sup dan soto bisa menggunakan kuah kaldu daging atau ayam agar hidangan lebih lezat.
  5. Masakan seperti kari, sayur, dan gulai yang menggunakan santan bisa diganti susu cair rendah lemak agar masakan tidak banyak mengandung lemak. Susu juga memberi rasa gurih pada masakan sehingga lebih lezat.
  6. Jangan menambahkan bumbu MSG (mono sodium glutamat) untuk memberi rasa lezat pada masakan. Gunakan senyawa glutamat alami yang terkandung di dalam sayuran seperti bayam, tomat serta produk hewani seperti daging.
  7. Untuk memantapkan rasa masakan, tambahkan gula pasir dan air jeruk lemon pada olahan tumisan, sup atau hidangan berkuah lainnya. Kedua bumbu ini memberikan efek rasa lezat.
  8. Metode pengolahan makan seperti menggoreng dan memanggang akan menghasilkan aroma dan rasa lebih gurih sehingga merangsang selera makan.
  9. Merebus dan mengukus adalah memasak yang disarankan. Selain tekstur makanan menjadi lembut, memasak dengan metode ini juga menggunakan sedikit minyak sehingga lebih sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait