Kreasi Bubur Merah Putih dalam Semangat Merah Putih

Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia memang identik dengan kibaran merah putih dimana-mana. Semangat merah putih tersebut tak hanya terlihat dari merah-putihnya bendera dan pawai saja, tetapi juga dari hidangan khas yang ada dalam tradisi kuliner Nusantara yang beraneka ragam.

Salah satu hidangan khas yang sejak dahulu identik dengan warna merah-putih, adalah bubur merah putih. Tradisi membuat bubur berwarna merah dan putih ternyata tersebar di seluruh Nusantara, yang biasanya dilakukan dalam rangka selamatan atas kelahiran anak, pemberian nama pada bayi atau penggantian nama.

Jika dilihat, memang bubur merah putih tidak menampilkan warna merah asli, melainkan warna coklat yang didapat dari campuran gula merah. Nama bubur merah putih pun dibuat agar orang lebih mudah menyebutnya dan juga sesuai dengan akar budaya merah putih sebagai simbol bangsa.

Yuk, rayakan Hari Kemerdekaan dengan hidangan bertema merah putih! Kreasikan resep bubur merah putih dengan menonjolkan warna merah yang asli, sekaligus untuk mengenalkan warna bendera negara Indonesia kepada si kecil.

Sahabat Nestlé mengkreasikan resep menu Bubur Merah Putih yang berbeda dari tampilan bubur merah putih pada umumnya. Untuk memberikan warna merah, Ibu bisa memanfaatkan pewarna merah alami dari buah bit sehingga warna yang dihasilkan lebih menarik. Cara mengolah pewarna alami dari buah bit cukup sederhana. Cukup ambil buah bit utuh, lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah benar-benar halus, saring dan ambil sarinya saja. Sari inilah yang digunakan sebagai bahan pewarna alami.  

Buah bit ternyata tidak hanya bagus untuk dijadikan pewarna makanan alami, tapi juga dapat meningkatkan tekanan darah bagi seseorang yang sering pusing akibat darah rendah. Kandungan gizi yang terdapat dalam buah bit, yakni asam folat, kalium, serat, vitamin C, magnesium, triptofan, zat besi, tembaga, dan fosfor. 

Yuk, intip resep Bubur Merah Putih kreasi Sahabat Nestlé  di sini. Sajikan bubur merah putih dengan renyahnya MILO Balls untuk melengkapi keistimewaannya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait