Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Sate Kambing

Sate kambing sudah pasti jadi menu andalan saat hari raya Idul Adha. Sayangnya, saat mengolah daging kambing seringkali bau tidak sedap tetap melekat meski daging telah dimasak. Tapi Ibu tak perlu khawatir, ada kiatnya untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sate kambing.

Pisahkan Lemak

Yang menjadi sumber bau pada daging kambing salah satunya adalah lemak dari daging tersebut. Karena itu sebelum menyimpan atau mengolah daging menjadi sate kambing, pisahkan lemak dengan daging. Dengan begitu, daging tidak melekat dengan lemak yang menyebabkan bau tidak sedap.

Cuci Bersih

Setelah lemak dipisahkan dari daging, bau tidak sedap pada daging kambing pasti masih tersisa. Untuk mengurangi bau ini, cuci daging sampai bersih. Campur air dingin dengan garam kosher, lalu cuci daging kambing dengan campuran air tersebut. Cara ini juga sekaligus bisa membuat daging menjadi empuk sehingga sedap saat diolah menjadi sate kambing.

Gunakan Bumbu Beraroma Kuat

Sebelum diolah, untuk menghilangkan bau tidak sedap di daging kambing maka balurilah daging dengan bumbu atau rempah-rempah yang aromanya cukup kuat, seperti kayu manis, jahe, atau bawang putih ditambah dengan tetesan jeruk nipis. Selain menambah sedap masakan, bumbu-bumbu ini juga menghilangkan bau tidak sedap pada sate kambing sehingga lebih enak saat disantap.

Share artikel ini:

Artikel Terkait