Menu Sehat Kaya Protein Sepanjang Hari

Terjaga tidaknya kebugaran tubuh setiap hari, akan bergantung dari seberapa banyak konsumsi makanan yang Anda hidangkan. Bilamana sajian yang Anda makan dapat memenuhi kebutuhan gizi harian, maka akan lebih mudah untuk beraktivitas dengan prima. Salah satu sumber gizi yang penting dibutuhkan oleh tubuh adalah protein. Menurut Budi Utomo, S.Pd., makanan yang bersumber dari protein dapat menyumbangkan kebutuhan energi yang lebih tahan lama.

Maka dari itu, agar tubuh Anda tetap sehat dan aktif bergerak, sajikan makanan sumber protein ini sepanjang hari. Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak di bawah ini.

Makan Pagi

Untuk menu sarapan yang tinggi protein, dapat Anda sajikan bubur ayam dengan tambahan kerupuk udang. Selain baik untuk pencernaan, bubur ayam juga dapat membuat tubuh lebih hangat dan semangat beraktivitas. Tambahan segelas jus jeruk, cukup melengkapi kebutuhan vitamin Anda di pagi hari. Kombinasi menu sarapan ini menjadi salah satu contoh pemenuhan gizi seimbang.

Camilan siang

Sebelum jam makan siang dimulai, maksimalkan waktu camilan dengan makanan yang tinggi protein juga. Anda bisa mengisi sajian ngemil dengan kue talam labu kuning. Selain lezat, labu kuning menjadi sumber karbohidrat, protein dan vitamin, sehingga dapat menyokong kebutuhan gizi harian Anda. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan agar tidak menurunkan nafsu makan Anda saat makan siang tiba.

Makan Siang

Tiba waktu makan siang, pilihlah sajian yang lebih komplit. Selain dapat mengganti energi yang hilang usai beraktivitas, juga akan menopang kebutuhan energi untuk kegiatan berikutnya. Pilihlah nasi putih, pepes ikan dan tempe goreng. Imbangi dengan sayuran, baik kuah maupun tumis. Biar lebih komplit tutup dengan beberapa potong semangka yang lezat dan menyegarkan.

Camilan sore

Sore hari akan menjadi waktu lapar Anda berikutnya. Meski begitu, Anda harus ingat bahwa sore hari bukanlah waktu untuk makan utama. Nikmatilah dengan camilan yang lezat nan sehat. Sepiring siomay tahu saus kacang dapat menjadi pilihan sebagai hidangan camilan yang tepat dan tak sampai membuat Anda kekenyangan.

Makan malam

Di penghujung hari, tutup menu harian Anda dengan makan malam yang lezat dan sehat. Tak harus yang berlebihan, nasi putih, telur balado, sambel goreng tahu dan tumis daging kacang panjang, menjadi menu komplit kaya protein yang dapat Anda santap. Akhiri dengan sepotong puding susu sembari menikmati indahnya malam.

Lewat menu-menu ini Anda sudah memenuhi kriteria makan sehat kaya protein sepanjang hari.

Share artikel ini:

Artikel Terkait