Nasi Tumpeng Warna-warni Dari Bahan Alami Untuk Ultah Si Kecil

Biasanya perayaan ulang tahun identik dengan kue tart. Namun daripada menyuguhkan kue ulang tahun yang itu-itu saja, bagaimana jika Ibu berinovasi dengan membuat sesuatu yang lain dari biasanya, yakni nasi tumpeng warna-warni sebagai pengganti kue ulang tahun si kecil.

Mendengar kata nasi tumpeng mungkin sudah terdengar sangat umum untuk perayaan hari besar dan istimewa, salah satunya ulang tahun. Namun, nasi tumpeng yang satu ini dijamin berbeda dan akan membuat hari spesial si kecil semakin istimewa dan berkesan. Sebab nasi tumpeng ini dihiasi dengan berbagai macam warna yang sangat menarik.

Sebetulnya cara membuat nasi tumpeng warna-warni cukup simpel dan sama seperti nasi tumpeng pada umumnya. Namun yang membedakan hanyalah membuat nasi menjadi berwarna-warni seperti pelangi. Selain menarik, nasi tumpeng warna warni ini juga sehat karena menggunakan bahan pewarna alami.

Sudah tak perlu dipungkiri, bahwa pewarna makanan yang dijual di pasaran sangat tidak baik karena mengandung zat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan bahan pewarna makanan alami yang bisa Ibu buat sendiri di rumah. Berikut pewarna makanan alami yang bisa Ibu olah dari beragam buah dan sayuran yang jauh lebih sehat.

 

Warna Kuning

Untuk mendapatkan warna kuning, Ibu bisa dengan mudah mendapatkannya dari kunyit. Ibu cukup mengupas kunyit lalu parut hingga halus, kemudian peras serta saring dari ampasnya. Setelah itu rendam beras dengan air perasan kunyit hingga warnanya benar-benar meresap dengan merata. Selain menghasilkan warna kuning yang cerah, kunyit juga akan membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat.

 

 

Warna Oranye

Untuk mendapatkan warna oranye yang cerah, Ibu bisa mendapatkannya dari wortel. Selain bagus untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A, wortel bisa juga dipakai sebagai sumber pewarna oranye yang cukup pekat. Cara mengolah wortel menjadi pewarna oranye adalah dengan memblender wortel bersama sedikit air, lalu peras hingga mendapatkan sarinya. Setelah mengolah wortel, sebaiknya segera cuci blender dan alat-alat lainnya, agar warna yang  menempel tidak mudah mengendap dan menjadi bekas nantinya.

 

Warna Merah

Selain dikenal manfaatnya sebagai obat yang bisa meningkatkan trombosit dan obat penurun kolesterol jahat yang ampuh, angkak juga bisa digunakan sebagai bahan pewarna merah yang alami. Angkak adalah fermentasi dari beras putih jenis tertentu yang dibiakkan dengan sejenis ragi khusus selama beberapa hari sehingga mengubah warna beras menjadi merah. Cara mengolah angkak menjadi pewarna merah cukup mudah, yakni dengan cara membilas angkak dengan air hangat sebanyak 2 kali agar rasa pahitnya hilang. Setelah itu rendam angkak beberapa menit sampai warna merahnya timbul.

Selain dari angkak, Ibu juga bisa mendapatkan warna merah alami dari buah bit. Caranya pun sama dengan mengolah wortel, yakni hancurkan buah bit bersama sedikit air dengan blender, lalu peras hingga mendapat sarinya. Inilah yang digunakan sebagai pewarna merah alami untuk nasi tumpeng warna-warni.

 

Warna Hijau

Pasti Ibu sudah tak asing lagi dengan yang satu ini. Untuk mendapatkan warna hijau alami, Ibu bisa mendapatkan dari kedua jenis daun yaitu daun suji dan pandan. Keduanya sering digunakan untuk warna hijau alami pada makanan. Daun suji menghasilkan warna hijau yang lebih pekat, namun daun pandan menghasilkan aroma harum yang khas. Ibu bisa membuat pewarna hijau alami dengan menggabungkan kedua daun tersebut dengan menumbuk daun suji dan daun pandan secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah ditumbuk, peras hingga mengeluarkan sari-sari hijaunya. Selain dari daun suji dan pandan untuk pewarna alami hijau anda bisa dapatkan dari bahan lainnya seperti bayam.

 

Warna Biru

Bunga telang adalah penghasil warna biru yang sangat alami. Bunga yang biasanya digunakan untuk mengobati mata bayi yang belekan ini cukup sulit untuk ditemukan. Pewarna biru dari bunga telang sangat terkenal di Malaysia sebagai pewarna nasi kerabu biru. Bunga berwarna biru keunguan ini akan menghasilkan warna ungu seperti tinta, namun saat dicampurkan dengan makanan akan menjadi warna biru yang cantik. Cara mengolah bunga telang untuk mendapatkan warna biru alami cukup mudah, yakni hanya perlu merendamnya selama beberapa menit, lalu peras hingga mengeluarkan sari-sari berwarna keunguan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait