@shutterstock

Plesir ke Pulau Dewata, Kurang Lengkap Sebelum Menyantap Menu Sehat Khas Bali

Bali masih jadi primadona tujuan wisata di Indonesia. Ingin menikmati suasana Bali yang lain daripada yang lain? Datang saja saat hari biasa, karena Bali akan lebih lengang dan tak terlalu banyak turis yang datang. 

Nikmati keindahan Pulau Dewata sambil menyantap makanan tradisional khas Bali yang menyehatkan berikut ini.

Bebek Betutu

Hidangan khas Bali ini menggunakan bahan utama bebek yang dikukus atau dipanggang. Bebek Betutu banyak ditemukan dalam menu restoran atau hotel mewah di Bali. Bebek dibersihkan kemudian dilumuri campuran bumbu-bumbu seperti bawang merah dan putih, serai, daun jeruk, kemiri, jahe, kunyit, kencur, merica, ketumbar, dan cabai. Kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasak selama 24 jam. Bebek Betutu umumnya dihidangkan bersama dengan plecing kangkung, kacang goreng, dan sambal terasi.

Lawar

Sajian tradisional pendamping nasi dan babi guling ini terbuat dari campuran sayuran, kelapa, dan daging cincang yang kaya bumbu. Karena bahan-bahannya yang segar, Lawar harus dikonsumsi segera sebelum menjadi basi. Lawar dinamakan sesuai dengan bahan, misalnya lawar babi, lawar nangka, dan Padamare Lawar yang merupakan kombinasi beberapa jenis lawar.

Srombotan

Berasal dari daerah Klungkung, Bali, Srombotan terbuat dari sayur paku, taoge, dan kubis yang dimasak setengah matang, kemudian diberi kalas, yaitu campuran tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan putih, ketumbar, dan kencur.  Lalu dimasak hingga empuk dan mengental. Sajian ini wajib dihidangkan bersama kacang goreng dan nasi oran sele atau nasi bercampur ubi jalar.

Tum Ayam

Hidangan Bali lainnya yang sedang popular di kalangan wisatawan adalah Tum Ayam. Mirip dengan pepes ikan dan otak-otak, Tum Ayam dibuat dengan cara mencampurkan ayam cincang bersama dengan santan, dan rempah-rempah seperti bawang putih, Base Be Siap (bumbu jadi untuk ayam), cabai, dan lada. Campuran ini kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus, atau dipanggang hingga matang.

Tidak heran jika hidangan tradisional Bali banyak disukai wisatawan dalam maupun luar negeri karena keunikan rasanya. Luangkan waktu untuk mencicipinya saat Anda berkunjung ke Bali ya. Selamat makan!

Share artikel ini:

Artikel Terkait