@shutterstock

Pola Makan Sehat Bebas Gula

Bicara soal pola makan sehat, pasti banyak orang menyarankan untuk mengurangi makan gula. Menambahkan gula, baik itu gula pasir, madu, fruktosa sirup jagung, agave ataupun molases pada makanan akan membuat tubuh mengalami peningkatan kalori sebanyak 16 persen. Dari manapun asal gula tetap akan mambuat kadar gula darah menjadi tidak stabil, meningkatkan berat badan, dan membuat tubuh mengalami gangguan kesehatan.

Untuk itu, pola makan sehat yang bebas dari gula sangat diperlukan seperti berikut ini:

Membaca Tabel Makanan

Sangat wajib hukumnya mambaca tabel nutrisi yang ada pada kemasan makanan ketika berbelanja. Anda akan mengetahui apakah makanan tersebut mengandung gula dan pemanis buatan atau tidak. Memang, terkadang dalam tabel nutrisi tidak menuliskan kata ‘gula’ tetapi, Anda pasti menemui banyak istilah lain yang berhubungan. Perlu diingat bahwa sukrosa, fruktosa, glukosa, madu, sirup agave, fruit juice concentrate, dextrose, high fructose corn syrup, adalah nama lain gula.

Anda juga akan menemukan bahwa tidak hanya pada hidangan pencuci mulut, pada roti, sereal dan saus tomat pun juga mengandung gula tersembunyi. Hindari makan makanan yang memuat istilah-istilah ini untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bersihkan Kulkas Dari Makanan Tinggi Gula

Untuk menjaga pola makan, Anda perlu membersihkan kulkas dari semua makanan yang mengandung gula. Berikan makanan manis dalam kulkas kepada tetangga atau pergi mambuangnya. Banyak orang mengalami gejala ‘ngidam gula’ dalam beberapa hari pertama setelah manghilangkan gula, sehingga dengan membuang semua makanan manis dalam kulkas akan sangat membantu Anda manjauhi gula dalam masa-masa sulit.

Jangan Menggunakan Bahan Olahan

Buatlah hidup Anda lebih mudah dengan mengonsumsi makanan dan bahan-bahan segar yang tidak malewati banyak proses pengolahan. Sediakan bermacam-macam sayuran, buah, kacang, dan bumbu bebas gula untuk kebutuhan memasak. Selain itu, dengan menggunakan bahan segar seperti telur, daging, ikan, minyak zaitun, dan alpukat akan membantu tubuh Anda memperoleh nutrisi yang sehat dan seimbang.

Jika Anda merasa benar-benar ingin makan makanan manis, pilihlah buah-buahan atau dark chocolate. Rasa manis dari mereka tidak akan mengganggu kesehatan, dan akan membantu Anda menjaga pola makan sehat yang bebas gula.

Share artikel ini:

Artikel Terkait