@shutterstock

Ragam Minuman Pendukung Hidup Sehat

Hidup sehat tidak hanya diperuntukkan bagi usia tertentu. Semua kalangan baik secara usia maupun jenis kelamin memiliki hak yang sama untuk bisa menjalaninya. Tidak terkecuali anak-anak. Si kecil yang notabene sedang dalam proses tumbuh kembang memerlukan banyak asupan sehat agar bisa melancarkan proses tumbuh kembangnya.

Selain makanan sehat, si kecil juga membutuhkan minuman yang berkhasiat agar metabolisme dalam tubuhnya selalu lancar. Apa saja minuman sehat tersebut? Di bawah ini ulasan lengkapnya. Simak baik-baik ya.

Susu
Susu memang kaya nutrisi yang amat penting buat kesehatan. Tak heran jika posisinya sering dijadikan penyempurnaan dalam setiap menu makanan sehat. Susu terbagi menjadi dua macam, susu hewani yang banyak diperoleh dari sapi, domba dan kambing. Ada pula susu nabati yang biasa diperoleh dari ekstrak kedelai. Walau berbeda, namun kedua jenis susu ini sangat baik untuk menunjang proses tumbuh kembang anak.

Jus buah
Berikutnya ada jus buah yang bisa membuat tubuh menjadi segar usai meminumnya. Jus buah mengandung banyak vitamin dan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, beberapa buah mengandung zat tertentu yang dapat menangkal berbagai penyakit yang setiap saat dapat hinggap pada si kecil. Agar memiliki rasa yang berbeda dan selalu nikmat saat diminum, cobalah membuat kreasi jus buah yang berbeda. Bisa dikombinasikan dengan  beberapa buah, dicampur dengan yogurt atau gabungan dari beberapa buah dan sayur.

Air putih
Walau banyak minuman menyehatkan seperti jus buah dan susu, namun kebutuhan air putih tetaplah yang paling utama. Air putih dapat melancarkan proses metabolisme dan menjaga kadar cairan dalam tubuh. Adanya proses ini dapat membuat si kecil tetap sehat dan tak mudah dehidrasi saat beraktivitas. Meski tergolong air minum yang paling mudah disajikan, tetapi air putih kerap kali dihindari.

Rasanya yang tawar kurang diminati oleh anak-anak. Di samping itu, banyaknya minuman kaleng dan kemasan lainnya, kerap mengalihkan asupan air putih secara seimbang. Maka dari itu, mulailah untuk mengutamakan air putih ini sebagai asupan utama bagi tubuh. Anda dapat menambahkan beberapa buah agar bisa memberikan rasa dan aroma layaknya infused water.

Jangan lupa untuk menerapkan kebiasaan rutin minum air putih di keluarga, sebab dari sanalah si kecil akan mencontoh semua kebiasaan baik dalam hidupnya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait