@shutterstock

Rahasia Kesehatan Jus Buah Alami

Ada jus jeruk, buah berry dan beberapa kombinasi jus buah-buahan alami. Minuman buah ini memang begitu lezat saat dihidangkan. Rasanya yang menyegarkan membuat minuman ini banyak digandrungi oleh semua kalangan usia. Tak terkecuali, anak-anak tentunya. Sayangnya, jus buah alami ini belakangan banyak disisihkan keberadaannya dengan jus buah kemasan. Padahal, menurut Dr. Robert Manning, praktisi kesehatan asal New York, jus buah alami memiliki segudang manfaat yang belum tentu bisa diberikan oleh jus buah kemasan.

Sumber zat fitokimia
Dr. Robert mengemukakan buah-buahan alami memiliki kelebihan zat khusus yang disebut sebagai fitokimia. Senyawa ini memiliki banyak keunggulan terutama untuk mencegah beragam penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh. Di samping itu juga, senyawa fitokimia ini berperan sebagai zat gizi penting yang dapat membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

Meningkatkan daya imun tubuh
Seperti yang disebutkan sebelumnya, antioksidan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini menjadi keistimewaan tersendiri bagi buah-buahan, sebab antioksidan paling banyak ditemukan dalam makanan yang juga kaya serat ini. Salah satunya jenisnya adalah vitamin C dan A. Vitamin C dapat mencegah terjadinya gangguan yang ada di mulut seperti seriawan. Sedangkan vitamin A mampu menutrisi kulit dan mata menjadi lebih sehat. Ungkap Dr. Robert yang juga spesialis siropraktik atau tulang belakang ini.

Mencegah dehidrasi
Menurut Dr. Robert, bukan hanya air yang bisa mengobati tubuh dari dehidrasi, jus buah-buahan juga mampu melakukannya. Bahkan, buah-buahan ini memiliki kandungan elektrolit yang lebih tinggi dari air putih biasa, sehingga lebih cepat untuk mengatasi dehidrasi dalam tubuh. Lewat minuman buah-buahan ini pula kadar cairan dalam tubuh bisa kembali diseimbangkan.

Mengobati anemia
Selain vitamin yang melimpah, buah-buahan juga kaya akan kandungan mineral di dalamnya. Salah satunya adalah zat besi yang dapat membantu mengatasi anemia. Salah satunya adalah buat bit. Sedangkan untuk sumber zat besi lain, bisa didapatkan dari sayuran seperti wortel, aprikot, kubis, seledri dan paprika.

Begitu banyak rahasia kesehatan dari jus buah alami rasanya jadi ingin segera menikmati. Tunggu apalagi, langsung disajikan yuk.

Share artikel ini:

Artikel Terkait