Susu dalam Seni Kuliner Membuat Hidangan Lebih Nikmat, Lezat dan Bergizi

Susu merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Selain dikonsumsi sebagai minuman, susu juga bisa diolah menjadi bahan campuran masakan, kue, dan minuman. Yuk kita mengenal ragam jenis susu dalam seni kuliner.

Di dalam susu terkandung nutrisi esensial seperti protein, lemak, gula, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh. Selain dikonsumsi sebagai minuman, susu juga bisa diaplikasikan ke dalam beragam hidangan. Kehadiran susu di dalam hidangan akan membuat masakan lebih creamy, kue menjadi harum dan lezat serta minuman terasa lebih nikmat.

Dipasaran banyak  dijual aneka jenis susu. Seperti susu bubuk, susu kental manis, dan susu tawar cair. Beragam hidangan bisa dicampur dengan susu. Selain meningkatkan citarasa menjadi lebih lezat dan nikmat, hidangan juga menjadi lebih kaya nutrisi.

Susu Tawar Cair  Membuat Masakan Creamy dan Lezat

Bagi sebagian orang mungkin terasa aneh mendengar istilah susu diolah menjadi campuran masakan. Susu tawar cair misalnya,  bisa digunakan sebagai campuran saus pasta, saus steak, campuran macaroni schotel, dan pure kentang. Dengan menambahkan susu dalam hidangan ini, masakan akan terasa lebih creamy, gurih, dan lezat.

Hidangan berkuah seperti tomato cream soup, sup jagung manis, atau cream soup jamur juga cocok ditambahkan dengan susu tawar cair. Kehadiran susu  di dalam soup akan membuat tekstur soup lebih kental, gurih, dan lezat.

Susu tawar cair juga bisa digunakan sebagai pengganti santan. Seperti saat membuat soto betawi, kari ayam, dan bubur kacang hijau. Dengan mengganti santan dengan susu tawar cair, masakan ini akan lebih bergizi dan tekstur makanan menjadi tidak terlalu berminyak.

Susu Bubuk Tingkatkan Citarasa Kue Menjadi Harum, Gurih dan Lezat

Di dalam seni kuliner, susu bubuk lebih sering digunakan sebagai campuran adonan kue. Seperti adonan roti, kue kering atau cake. Susu bubuk juga bisa dilarutkan dengan air dan bisa digunakan sebagai bahan pelarut saus masakan atau pengganti krim kental.

Di dalam pembuatan adonan roti, cake atau kue kering, susu bubuk sebaiknya dicampur dengan bahan kering yang lain. Seperti tepung terigu dan gula halus.  Bahan ini kemudian diayak agar mudah tercampur rata dengan bahan lain.

Dengan menambahkan susu bubuk di dalam adonan roti, aroma roti akan lebih harum, tekstur roti lebih lembut, berserat halus, lebih lembab, dan citarasanya lebih lezat. Fungsi susu bubuk di dalam cake juga memberikan aroma cake lebih harum, tektur cake lebih moist dan struktur remah cake lebih lembut. Berbeda dengan kue kering. Dengan menambahkan susu bubuk di dalam adonan kue kering, hasil warna kue akan lebih kuning kecoklatan, aroma kue lebih harum dan rasa lebih lezat. Susu bubuk juga bisa ditambahkan ke dalam adonan kue kering bercitarasa gurih, seperti pada adonan Kaastengels dan kulit pie Penambahan susu bubuk akan membuat kue Kaastengels terasa lebih gurih dan lezat.

Susu Kental Manis Cocok Menjadi Campuran Kue, Minuman, dan Puding

Susu kental manis banyak dijumpai dipasaran. Seperti susu Krimer Kental Manis Carnation. Jenis susu ini sangat cocok menjadi campuran minuman panas, seperti kopi susu, jahe susu, dan teh susu seperti teh tarik. Minuman dingin juga bisa ditambahkan susu kental manis, seperti es sup buah, es buah campur, atau es kelapa kopyor. Dengan menambahkan krimer susu kental manis di dalam minuman ini, citarasa minuman akan terasa lebih nikmat.

Tidak hanya minuman, jika Anda akan membuat cake, pancake, crepe, roti, martabak manis, puding, dan aneka saus dessert susu jenis ini juga bisa ditambahkan sebagai campuran adonan atau pelengkap penyajian. Saat Anda akan membuat vla vanila sebagai isi kue, susu kental manis juga bisa ditambahkan untuk memperkaya citarasa vla menjadi lebih creamy dan legit. Namun perlu diingat, saat membuat adonan puding, masukkan susu kental manis sesaat setelah adonan diangkat dari perapian, aduk rata. Dengan cara ini, susu akan menyatu dengan baik dan tidak pecah.

Share artikel ini:

Artikel Terkait