@shutterstock

Tak Biasa Sarapan? Menu Ini Bisa Dicoba!

Sebagai salah satu syarat untuk menjalani hidup sehat, sarapan memang tak boleh ditinggalkan. Sesibuk apapun pekerjaan atau rutinitas yang akan dijalani, makan pagi hendaknya dibiasakan setiap hari. Sarapan bukan sebatas tradisi makan yang akan berlalu begitu saja. Efek jangka panjang, nutrisi yang ada dalam hidangan sarapan dapat membantu memasok energi untuk kegiatan sepanjang hari.

Jika tak terbiasa makan pagi lantaran urusan selera, menu sehat di bawah ini patut untuk dicoba.

Bubur Pie Apel
Sajian pertama dapat dibuat dengan memasak 50 gram oatmeal, jus apel 200ml, 100ml susu skim. Panaskan selama 5 menit hingga bubur ini mendidih dan matang. Sambil menunggu biar tidak terlalu panas, masukkan potongan apel segar bentuk dadu ke dalam mangkuk. Tambahkan kayu manis ke dalamnya. Jika sudah, tuang bubur yang sudah matang ke dalam mangkuk dan menu sarapan pagi kaya gizi siap untuk disajikan. Semangkuk bubur pie apel dapat menyumbang sebanyak 345kkal.

Orak-arik telur
Menu sarapan ini tak kalah lezat dan mudah untuk disajikan. Campurkan telur dan susu skim dalam mangkuk, aduk dan kocok sampai tercampur rata. Tuangkan di wajan anti lengket atau teflon dan buat orak-arik telur. Aduk perlahan hingga matang. Gunakan api sedang biar orak-arik telur tidak sampai gosong. Jika sudah matang, letakkan di atas roti gandum panggang dan taburi daun bawang dan lada hitam secukupnya. Satu porsi hidangan ini dapat menyumbangkan kalori sebanyak 247kkal.

Green smoothie
Berikutnya ada smoothie yang kaya nutrisi. Cara membuatnya pun bisa dibilang tidak begitu susah. Anda cukup mencampurkan 40 gram irisan mangga kalengan dan 40 gram peach kalengan tanpa airnya ke dalam blender. Tambahkan 40 gram bayam beku, satu buah pisang dan air 200ml. Blender sampai halus dan juga lembut. Tuangkan dalam gelas sedang dan nikmati sebagai hidangan sarapan. Minuman buah ini dapat memberikan kalori sebanyak 140kkal dalam tubuh.

English breakfast muffin
Baru untuk menu yang satu ini, sedikit membutuhkan ketelitian namun tak sampai memerlukan banyak waktu untuk menyiapkannya. Sebelum memulai memasak, siapkan irisan tipis daging panggang rendah lemak. Lanjutkan dengan menyiapkan muffin Inggris atau bisa juga muffin gandum biasa. Potong menjadi dua sisi atas-bawah. Kemudian, rebus telur selama 3-4 menit untuk mendapatkan bagian kuning telur lumer. Susun dalam piring dengan bagian dasar potongan muffin. Tambakan potongan daun bayam segar, keju bebas lemak dan irisan daging panggang di atasnya. Letakkan telur rebus dan pencet sedikit dengan potongan muffin. Cairan kuning telur yang lumer bakal  menjadi saus lezat tinggi protein. Satu sajian menu ini mengandung 309kkal.

Tertarik untuk mencobanya?

Share artikel ini:

Artikel Terkait