Tanpa Santan, Resep Nasi Kuning Tetap Gurih, Ini Penggantinya

 

Siapa yang bisa menolak lezatnya nasi kuning? Berbeda dengan nasi putih biasa, hidangan khas Indonesia ini memiliki cita rasa rempah-rempah yang gurih dan nikmat. Selain berasal dari rempah-rempah kunyit, rasa gurih pada resep nasi kuning juga berasal dari santan.

Namun sayangnya tidak semua orang menyukai santan, bahkan menghindari mengonsumsi makanan bersantan, apalagi yang memiliki pantangan makanan bersantan, karena masalah kesehatan. Santan yang berasal dari kelapa segar ini ternyata juga memiliki akibat buruk bagi kesehatan tubuh.

Tahukah Ibu, asam lemak jenuh paling besar terdapat pada santan dibandingkan daging dan minyak goreng. Perlu diketahui dari setiap 100 ml santan kelapa atau 100 gram kelapa parut mengandung kolesterol kurang lebih sebanyak 90%. Apalagi pada resep nasi kuning, santan mengalami proses pemanasan yang lama pada suhu yang tinggi. Sehingga membuat asam lemak yang tadinya sehat berubah menjadi lemak trans yang jahat sehingga perlu di waspadai.

Tapi tenang saja, Ibu tetap bisa mengolah resep nasi kuning menjadi lebih sehat. Banyak sekali bahan alternatif pengganti santan yang bisa Ibu gunakan pada resep nasi kuning agar memiliki citarasa gurih sebagaimana dimiliki santan. Berikut ini adalah alternatif pengganti santan yang bisa Ibu gunakan untuk resep nasi kuning.

 

Air Kaldu

Manfaat air kaldu sebagai penyedap masakan sudah tidak perlu diragukan lagi untuk menambah nikmat masakan Ibu. Citarasa gurih alami yang berasal dari ekstrak tulang belulang, daging, sumsum, dan lainnya yang direbus secara perlahan menghasilkan kelezatan sempurna. Air kaldu bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai pengganti santan untuk menciptakan rasa gurih yang nikmat pada resep nasi kuning.

Memang sudah banyak kaldu instan praktis yang dijual di pasaran. Namun jenis kaldu ini mengandung sodium yang tinggi dan bahan pengawet yang dapat membahayakan kesehatan. Jadi alangkah baiknya, jika Ibu membuat air kaldu sendiri agara citarasa resep nasi kuning menjadi lebih nikmat dan istimewa.

Caranya mudah, cukup rebus tulang sapi atau ayam dengan api kecil selama 1-3 jam. Tambahkan beberapa sayuran dan rempah agar kaldu semakin lezat. Setelah matang dan dingin, air kaldu bisa dikemas dalam plastik-plastik kecil lalu dimasukkan dalam freezer agar dapat digunakan kembali saat diperlukan.

 

Susu Full Cream

Mungkin Ibu sudah sering melihat banyak orang yang mengganti santan dengan susu sapi, karena keduanya sama-sama mengandung lemak yang gurih. Susu memang memiliki rasa yang sama gurihnya dengan santan. Namun, jika dibandingkan dengan santan, susu lebih rendah kandungan lemaknya.

Oleh karena itu, susu full cream bisa jadi pilihan yang tepat untuk menggantikan santan dalam resep nasi kuning. Ibu bisa mencampur susu dan krim sebagai pengganti santan untuk citarasa yang lebih gurih. Misalnya, 250 ml santan digantikan dengan campuran 125 ml susu dan 125 ml krim. Namun sebagai catatan penting, sebaiknya Ibu tidak menggunakan api yang terlalu besar saat mengolah resep nasi kuning yang menggunakan susu agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak rusak.

Sahabat Nestlé juga mengkreasikan resep Nasi Kuning Bali dengan menggunakan susu sebagai pengganti santan untuk menciptakan rasa gurih. Ibu bisa lihat resep lebih lengkapnya di sini.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait