Tepung Maizena, Rahasia Sukses Membuat Kue Kering yang Renyah

Tak hanya saat perayaan Lebaran saja, kue kering memang menjadi sajian wajib yang harus ada di meja ruang tamu untuk melengkapi bincang hangat dengan sanak saudara atau kerabat. Meskipun banyak sekali aneka kue kering yang dijual di pasaran, namun tak ada salahnya jika Ibu membuat kue kering sendiri.

Namun sebelumnya, Ibu perlu ketahui tips dan trik untuk meminimalkan kegagalan dalam membuat kue kering. Memang kelihatannya membuat kue kering tampak cukup mudah dan sederhana. Semua bahan dicampur lalu dibentuk dan dioven. Namun sebenarnya, prosesnya tak semudah itu. Tak jarang Ibu mengalami kegagalan saat membuat kue, hingga akhirnya harus beberapa kali mencoba membuat.

Untuk mengurangi risiko gagal saat membuat resep kue dari tepung maizena. Ada beberapa hal yg perlu diketahui dan lakukan agar kue kering tidak sekedar jadi, tetapi juga enak rasanya. Pemahaman bahan dan teknik pembuatan kue juga akan banyak membantu dalam menciptakan kue kering yg lezat. Salah satunya bahan yang menjadi rahasia sukses membuat kue kering yang lezat adalah dengan menggunakan tepung maizena agar tekstur kue kering menjadi renyah.

Tepung maizena adalah sebutan populer untuk tepung pati jagung. Kata "maizena" sendiri awalnya merupakan nama brand atau merek dari suatu produk tepung jagung yang ada di Meksiko. Hingga akhirnya di Indonesia, nama tepung maizena lebih populer dan mudah dikenali daripada tepung pati jagung itu sendiri. Karena terbuat dari jagung, mengandung beberapa kandungan gizi, di antaranya adalah karbohidrat, protein, fosfor, kalsium, dan zat besi.

Tepung memang menjadi komponen bahan utama dalam setiap pembuatan kue. Namun resep kue dari tepung maizena memang jarang ditemukan, sebab tepung maizena jarang sekali digunakan sebagai bahan utama pada pembuatan kue. Tetapi tetap saja tepung maizena tidak bisa dihilangkan dari komponen bahan. Sebab tepung maizena juga merupakan bahan yang vital dalam membuat kue untuk membantu dan mendapatkan tekstur kue yang sempurna.

Pada resep kue dari tepung maizena, berguna sebagai bahan pembantu untuk “melembutkan” tekstur kue. Sedangkan pada resep kue kering, tepung maizena dipakai sebagai bahan pembantu untuk “merenyahkan” tekstur kue kering namun tetap lembut dan mengurangi kadar gluten dalam adonan.

Perlu diperhatikan takaran bahan tepung maizena dalam proses pembuatan kue. Adapun batas penggunaanya berkisar 10% - 20% saja dari bahan tepung terigunya, karena bila terlalu banyak maka resep kue dari tepung maizena akan mudah berjamur atau tidak awet. Takaran yang digunakan adalah untuk menggantikan takaran yang sama dengan bahan terigu utama, jadi bukan menambahkan. Sebagai asumsi, jika dalam resep penggunaan tepung terigu sebanyak 200 gr, maka bisa dikomposisikan seperti berikut, yakni 150gr tepung terigu + 50 gr tepung maizena supaya tidak mengubah komposisi bahan utama.

Dengan menggunakan bantuan tepung maizena saat membuat kue kering, maka Ibu akan memperoleh kue kering yang renyah dan lezat.  Selamat mencoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait