Tips Agar Makanan Selalu Renyah

Salah satu tantangan yang kita temui jika tinggal di negera beriklim tropis adalah bagaimana menjaga makanan kering selalu renyah. Kelembapan udara yang cukup tinggi, sangat berperan mempercepat makanan menjadi "masuk angin" atau melempem. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menyimpannya di dalam toples, namun tentunya hal ini bukanlah satu-satunya jalan. Mungkin tips dan catatan di bawah ini dapat dijadikan panduan Anda agar makanan tetap renyah sampai potongan terakhir habis dikonsumsi.


  • Untuk makanan yang digoreng, alasi makanan dengan kertas yang menyerap minyak agar makanan tetap renyah.
  • Goreng makanan dalam porsi cukup sehingga makanan tidak perlu terlalu lama disimpan dalam wadah.
  • Atau Anda juga dapat menggoreng makanan hingga setengah matang, dan jika hendak dikonsumsi baru dipanaskan sampai kering.
  • Oven dengan temperatur panas cukup dibawah 100°C akan menjaga kondisi makanan tetap kering. Alasi makanan dengan paper napkin (kertas napkin lebar) atau lembaran aluminium dan gunakan rak dalam oven.
  • Jika memiliki mesin vacuum makanan (ukuran rumahan), akan banyak menolong karena udara yang mengandung air dapat dikeluarkan sehingga aroma, kesegaran juga kerenyahan dapat bertahan lebih lama.
  • Sebaiknya hindari penggunaan oven microwave karena panas yang merambat menyebabkan makanan menjadi melempem karena uap yang ditimbulkan. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyimpan makanan dalam lemari pendingin ataupun freezer (bagian atas). Pilih dan gunakan wadah yang tertutup rapat agar bunga es tidak meresap ke dalam makanan.
  • Silica gel dalam sachet juga mampu menyerap kelembaban, hanya saja produk ini lumayan sulit didapatkan selain juga harganya yang tidak murah. Cara terakhir ialah menggunakan kantong plastik yang dapat ditutup rapat dan dibuka tutup (re-sealable). Isi dengan makanan secukupnya agar kantong dapat ditutup dengan baik.

Share artikel ini:

Artikel Terkait