Tips Berbelanja Yang Sehat dan Bernutrisi Di Supermarket Bersama Si Kecil

Rutinitas berbelanja di supermarket adalah kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan bersama keluarga. Makanan yang sehat & bernutrisi dapat dimulai dari membeli makanan di supermarket. Yuk mulai bekali si Kecil pengalaman eksplorasi di Supermarket dengan membandingkan & memilih makanan sehat & bernutrisi.

-          Selalu berbelanja dengan daftar keperluan ditangan bukan didalam kepala atau didalam hati

-          Ajak si kecil ikut jika sudah dipastikan ia mengerti tujuan berbelanja agar anda tidak sibuk untuk mengaturnya didalam supermarket.

-          Idealnya si kecil sudah mampu berinteraksi baik dengan anda sehingga dapat berkomunikasi dengan jelas atau mengerti anda

-          Pastikan anda dapat mengikuti jadwalnya dengan istirahat & bersantap dengan baik agar ia tidak rewel sewaktu berbelanja

-          Bangun aturan jelas agar si kecil mengerti batasan dan perkataan ‘tidak’ dari anda.

-          Ingat si kecil  selalu ingin tahu akan banyak hal yang baru. Jangan cepat ditegur jika memegang sesuatu barang dari rak supermarket. Atau direbut untuk dikembalikan. Biarkan ia memegang dan melihatnya lalu beri pengertian jika barang tersebut diluar daftar dan harus dikembalikan. Si kecil  akan kooperatif jika anda tidak reaktif.

-          Beri ‘tugas’ mencari barang belanjaan dan beri pujian jika dapat diselesaikan dengan baik. Hindari perkataan mencela atau merendahkan jika tidak berhasil.

-          Jelaskan tiap bahan yang Anda beli dengan singkat khususnya sayuran atau buah agar si Kecil  dapat membayangkan hasil hidangan yang akan diolah dirumah.

-          Libatkan si Kecil untuk memilih sayur dan buah dengan bertanya ‘mana jeruk yang bagus/segar menurutmu’. Normalnya si Kecil  dengan senang hati menolong mencari dan memilih. Jangan lupa berikan pujian.

-          Jika si Kecil  sudah ‘memilih’ makanan yang kurang bernutrisi seperti snack manis. Beri pilihan lain yang cocok untuk menggantikan sambil diberikan penjelasan akan kebaikan untuk kesehatannya.

-          Perkenalkan jenis buah atau sayuran dengan cara bermain dengan bentuk ataupun warna. Lalu ajari si Kecil  untuk memisahkan dan memilih sesuai tugas yang Anda beri.

-          Beritahukan jenis hidangan yang dapat dibuat dari bahan makanan yang hendak dibeli. Ceritakan jenis hidangan dan berikan waktu untuk berimajinasi dengan bahan makanan yang ada ditangannya.

-          Ingat ini: Anda harus mampu mengendalikan keinginannya dan kata final ada pada diri Anda bukan si Kecil . Jangan ragu untuk menegur atau memberi pujian yang pantas. Pengalaman berbelanja adalah satu keceriaan tersendiri. Jadikan hal yang dapat dinikmati dan memberi pengetahuan praktis yang berguna bagi kehidupan si Kecil  nanti.

Share artikel ini:

Artikel Terkait