Tips dan Trik Membuat Sate Kambing yang Empuk

Daging kambing menjadi primadona saat Hari Raya Kurban. Salah satu cara paling mudah mengolah daging kambing adalah dengan memasaknya menjadi sate kambing. Daging kambing mudah diolah karena daging ini tidak memiliki banyak lemak dan kaya akan protein, namun bila salah memasak maka daging akan menjadi keras dan sulit dikunyah. Berikut adalah kiat-kiat mengolah sate kambing agar empuk dan lezat.

Pilih Bagian Daging yang Tepat

Daging kambing yang baik untuk diolah menjadi sate kambing adalah daging kambing yang masih muda (usia 6-12 bulan). Daging kambing tua akan lebih alot saat dimasak, sehingga kurang sedap untuk menjadi sate kambing. Jenis kelamin juga mempengaruhi kelembutan daging. Kambing betina memiliki serat yang lebih halus serta banyak lemak, sementara yang jantan agak kasar sehingga beresiko keras setelah dimasak. Bagian daging yang baik untuk dijadikan sate kambing adalah paha belakang, punggung atau has dalam, yang merupakan bagian paling empuk dari bagian tubuh lainnya.

Bumbui Sebelum Dipanggang

Merendam daging kambing dalam bumbu sebelum dipanggang atau dibakar dapat membantu daging menjadi lebih empuk dan lembut. Semakin lama daging direndam dalam bumbu, semakin baik. Sate kambing akan jadi lebih lempuk dan kaya rasa.

Masak Perlahan

Daging kambing akan lebih lembut dan meresap bumbunya bila dimasak perlahan dan dengan panas sedang. Memanggang daging kambing dengan panas tinggi bisa membuatnya cepat keras sehingga sulit dikunyah nantinya, karena daging jenis ini memiliki lebih sedikit lemak. Saat membakar/memanggang sate, tusuk potongan daging dan selipan lemak, untuk variasi rasa.

Hidangkan dengan Bumbu Kacang atau Bumbu Kecap

Untuk menambah rasa, hidangkan sate kambing dengan bumbu kacang atau bumbu kecap, sesuai selera. Kedua bumbu ini mudah dibuat sendiri di rumah, dan pastinya menjadikan sate semakin lezat untuk disantap bersama keluarga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait