@shutterstock

Tips Membuat Bekal Cinta

Kasih sayang kepada si kecil bisa diwujudkan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah memberikan bekal sehat dan nikmat ke sekolah. Bekal merupakan wujud kasih sayang yang luar biasa lho, karena si kecil akan terhindar dari makanan yang tidak sehat saat jajan sembarangan. Nah, untuk memberikan bekal makanan penuh cinta, simak ulasan berikut ini ya.

Bekal makanan yang bergizi lengkap
Dalam tumbuh kembangnya, si kecil membutuhkan nutrisi lengkap agar tumbuh kembangnya optimal. Oleh karena itu, siapkan menu bekal yang semua unsur gizinya terpenuhi. Misalnya, sumber karbohidrat, kalori, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.

Menu sesuai dengan kebutuhan si kecil
Masing-masing anak dengan usia dan fisik yang berbeda memerlukan kebutuhan gizi yang berbeda pula. Semakin besar anak maka semakin banyak pula kebutuhan gizinya. Selain porsi, tekstur makanan juga harus disesuaikan lho. Bekal untuk anak balita tentu harus dipilih jenis makanan yang bertekstur lunak. Sedangkan untuk anak usia sekolah dasar sudah dapat mencerna makanan padat.

Cara makan yang mudah
Hal ini sering kurang diperhatikan oleh para orang tua. Bekal anak seharusnya berupa makanan yang mudah dimakan. Misalnya, saat memberi lauk ayam goreng sebaiknya berupa daging yang sudah tidak bertulang. Begitu juga dengan daging sapi, harusnya diberikan berupa potongan-potongan kecil. Jam istirahat anak yang tidak begitu panjang menuntut si kecil untuk makan dengan cepat. Jika kesusahan makan, bisa-bisa bekal yang diberikan tidak habis dan si kecil masih merasa lapar.

Bekal yang menarik
Anak-anak menyukai bentuk bekal yang lucu dan menarik. Bekal dengan bentuk yang lucu dapat menggugah selera makan si kecil lho. Misalnya saja, nasi dicetak menggunakan cetakan bentuk kura-kura atau bentuk lucu lainnya. Wah, si kecil pasti lebih semangat untuk makan siang.

Selalu sertakan kasih sayang Anda dengan membawakan si kecil bekal yang sehat, bergizi lengkap dan pastinya lezat ya. Semoga menginspirasi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait