Tips Membuat Resep Nasi Kuning Menggunakan Rice Cooker

Hidangan nasi kuning biasanya identik dengan perayaan tertentu, seperti acara syukuran dan hari besar. Namun kelezatannya selalu dirindukan, sehingga Ibu sering menjadikan nasi kuning sebagai menu makanan utama sehari-hari, misalnya saja sebagai menu sarapan lengkap bersama dengan lauk pauknya yang istimewa.

Namun kesibukan dan aktivitas yang padat seringkali membuat Ibu tidak punya banyak waktu untuk mengolah resep nasi kuning untuk disajikan ke keluarga. Di sinilah fungsi peranti masak canggih yang ada di dapur. Dan mengolah resep nasi kuning menggunakan rice cooker bisa menjadi pilihan. Apalagi jika Ibu sudah terbiasa dengan praktisnya proses memasak nasi menggunakan rice cooker, mungkin Ibu akan merasa agak kesulitan mengolah resep nasi kuning secara tradisional.

Namun jangan khawatir, dengan rice cooker Ibu tetap bisa mengolah resep nasi kuning yang tak kalah lezat dari cara tradisional. Cara memasaknya pun masih sama dan tanpa mengurangi bumbu komplit yang terdapat dalam resep nasi kuning. Dengan mengolah resep nasi kuning menggunakan rice cooker, Ibu pun tidak perlu repot menunggu lama untuk mengangkat dan mengukus nasi, bahkan Ibu bisa sambil menyiapkan bahan dan menu pelengkap nasi kuning agar semakin istimewa.

Berikut ini adalah tips sederhana dalam mengolah resep nasi kuning menggunakan rice cooker agar menghasilkan nasi kuning dengan tekstur yang pulen serta rasa yang gurih dan nikmat.

  • Pilihlah beras yang cocok untuk membuat nasi kuning. Sebaiknya pilih beras berjenis pulen seperti pandan wangi atau rojolele.
  • Cuci beras hingga bersih, lalu rendam beras terlebih dahulu dengan air agar beras lebih cepat matang
  • Setelah itu, masukkan beras ke dalam rice cooker. Perhatikan dengan baik takaran jumlah air, sesuaikan dengan banyak beras dan juga sifat berasnya
  • Ibu bisa memasukkan santan terlebih dahulu sebelum air, agar nantinya bisa disesuaikan dengan jumlah air yang pas
  • Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan. Sebaiknya bumbu dilarutkan terlebih dahulu hingga lebih mudah tercampur dengan beras
  • Aduk hingga bumbunya tercampur rata, lalu tambahkan daun salam dan daun serai untuk menambah aroma harum. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa atau air kaldu agar citarasa nasi kuning menjadi lebih gurih.
  • Nyalakan rice cooker ke mode cook. Tutup rapat rice cooker, jangan sampai ada udara yang keluar masuk dari rice cooker karena akan berpotensi menyebabkan nasi cepat basi
  • Untuk hasil yang maksimal, ketika nasi kuning sudah matang, segera aduk nasi agar uap air yang ada di sela-sela nasi dapat tersebar rata. Hal ini akan mengurangi resiko nasi menggumpal dan jadi cepat kering. Selain itu, hasilnya pun bisa sama dengan membuat nasi kuning menggunakan dandang.

Share artikel ini:

Artikel Terkait