Tips Mengolah Buah Sirsak

Liburan yang seru ditemani oleh cuaca yang cerah merupakan liburan yang di idamkan. Namun akan lebih sempurna jika disuguhkan oleh sesuatu yang segar untuk menemani aktivitas seru berlibur. Yuk simak berbagai tips dalam mengolah buah sirsak menjadi hidangan menyegarkan yang mengandung vitamin C, B1, dan B2.

Sirsak bisa jadi adalah buah yang sering disajikan sebagai minuman dingin. Siapa yang tidak mengenal rasanya yang menyenangkan, paduan kecut atau asam, manis dan aroma yang khas. Perlu sedikit usaha untuk membersihkan daging buah dari biji-bijinya, lalu siap digunakan untuk menjadi sari buah yang menyegarkan.

Karena buah sirsak yang siap digunakan akan lebih cepat busuk jika tidak disimpan dalam lemari pendingin; segera olah menjadi minuman ataupun hidangan lain. Dan jika ingin menggunakan sirsak sebagai bahan dalam hidangan, sirsak sebaiknya dibekukan dalam freezer. Pilihan lain adalah memasaknya dengan penambahan gula, ini akan berfungsi sebagai pengawet alami. Kekurangannya adalah kandungan vitamin dan kebaikannya akan berkurang atau hilang karena dipanaskan.

Oleh sebab itu, sebelum memilih lalu membeli buah sirsak segar ada baiknya untuk merencanakan hidangan yang akan dibuat. Karena rasa yang manis dan sedikit asam, sirsak ideal digunakan sebagai hidangan pencuci mulut.

Pudding Sirsak

Jika ini jadi pilihan, pastikan menambah gula pada sirsak terpisah lalu campur kedalam cairan puding. Tidak perlu memasak buah sirsak atau memanaskan bareng puding. Pastikan air yang digunakan sudah termasuk bahan sirsak.

Panekoek Sirsak

Sirsak dapat digunakan sebagai isi dari panekoek (kue dadar), tambah sirsak yang sudah diberi gula lalu gulung atau lipat 2 sebelum disajikan. Tambah taburan gula aren diatasnya dan dapat disajikan dingin atau suhu ruang.

Jus Sirsak

Jika sudah biasa menggunakan gula putih, sekarang campurlah dengan gula aren untuk rasa yang unik. Juga bisa ditambah potongan buah stroberi atau semangka untuk tampilan yang lebih berwarna.

Es Sirsak

Untuk penyajian berbeda, bekukan jus sirsak dalam wadah dan gunakan stik kayu untuk membuatnya mirip es lilin. Agar tidak terlalu keras untuk digigit sewaktu beku, jangan tambah air pada jus sirsak. Untuk variasi, tambahkan bahan pewarna makanan dan potongan buah segar lain agar sirsak tampil dengan kejutan yang menyenangkan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait