Tips Mengolah Labu Siam

Tips Mengolah Labu Siam

Banyak para ibu yang enggan mengolah labu siam (Sechium edule), kandungan getahnya yang tinggi menjadikan labu siam memerlukan perlakuan khusus sebelum diolah menjadi masakan. Padahal buah labu ini memiliki citarasa yang lezat dan mengandung beragam zat gizi esensial. Yuk, kita simak kiat mengolah labu siam.

Labu siam adalah sayur yang berasal dari tanaman keluarga labu. Sosok tanamannya merambat, buah labu muncul bergelantungan dari sulur diketiak batang. Mirip tanaman mentimun atau labu kuning. Labu siam biasanya dipanen saat buah masih muda, karena buah muda tidak terlalu banyak mengandung getah, kulit buahnya masih tipis dan memiliki tekstur daging buah yang lunak. Ukuran buah sebesar gengaman tangan orang dewasa. Warna buah hijau dengan kontur kulit buah sedikit berbiku.

Nutrisi Terkandung

Ditilik dari sisi nutrisi, labu siam termasuk sayuran yang kaya akan zat gizi. Di dalam 100 gr labu siam terkandung,  energi 29 kkal, protein 0.6 g, lemak 0.1 g, karbohidrat 6.5 g, kalsium 14 mg, fosfor 25 mg, zat besi 0.5 mg, retinol 6 mcg, thiamine 0.02 mg dan asam askorbat 18 mg. Dari golongan vitamin, labu siam juga kaya akan vitamin A, B, dan vitamin C.        

Buah labu siam memiliki sifat dingin, jika kita mengonsumsi labu, saluran pencernaan akan terasa sejuk dan dingin. Sangat baik untuk menurunkan panas dalam dan demam. Buah labu siam juga mengandung zat alkoloid, saponin dan tannin, zat mikronutrien  yang bertugas menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Kelebihan lain dari buah labu adalah memiliki sifatnya diuretik sehingga dapat membuang kelebihan garam di dalam tubuh, sangat cocok bagi penderita hipertensi. Kandungan serat buah labu juga cukup tinggi, serat ini berperan dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Tip mengolah Labu Siam

Labu siam bisa diolah menjadi beragam jenis hidangan. Seperti menjadi hidangan sayur sambal godok, sayur lodeh, campuran sayur asam, sayur bening, menjadi tumisan atau dikukus menjadi lalapan. Sebelum diolah menjadi masakan, getah labu siam bisa dihilangkan dengan beragam cara. Berikut tip mengolah labu siam.

·         Getah labu siam bisa dihilangkan dengan beberapa cara. Pertama, potong pangkal buah labu, gosok-gosokkan bekas potongan ini hingga keluar getah berwarna putih. Jika getah sudah tidak keluar berarti labu siam siap diolah. Cara lain bisa dilakukan dengan mengupas dan memotong labu siam menjadi potongan lebih kecil, rendam di dalam larutan air garam selama lima menit sambil sesekali diremas-remas. Bilas hingga bersih dan labu siam siap diolah menjadi masakan sesuai kebutuhhan resep.

·         Labu siam yang sudah tua biasanya berkulit tebal dan agak keras, kupas tipis kulit labu siam sebelum diolah. Untuk labu siam muda, kulit labu tidak perlu dikupas. Labu siam muda cocok sebagai lalapan.

·         Jangan membiarkan labu siam yang sudah dikupas dan dipotong-potong dalam ruang terbuka dalam waktu lama. Warna labu siam biasanya akan berubah menjadi kekuningan. Rendam labu siam di dalam air untuk menghindari perubahan warna.

·         Jangan memasak sayur labu terlalu lama karena akan mengurangi nilai gizi terutama vitamin yang mudah rusak dalam suhu panas.

·         Agar lebih praktis, Anda bisa mengupas dan memotong labu siam dalam jumlah banyak sekaligus. Masukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat dan siman di dalam kulkas. Saat diperlukan, Anda tinggal mengambilnya. Dengan cara ini, labu siam bisa bertahan hingga satu minggu.

·         Selain sebagai bahan sayur lodeh, sayur asam atau sayur sambal godok, labu siam juga bisa menjadi campuran pecal, tumisan atau sambal goreng. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait