Tips Mengolah Seafood

Saat memasak hidangan seafood ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Mulai dari cara membersihkannya hingga cara mengolahnya agar seafood tetap segar & terjaga kandungan nutrisinya. Adakah tips atau panduan yang dapat dilakukan?

Kita akan mulai dari awal, yaitu mengenal seafood atau hidangan asal laut. Ternyata seafood terdiri dari dua bagian yaitu kategori kerang-kerangan juga berkulit keras dan ikan. Pemisahan ini akan memudahkan Anda untuk mengolah keduanya dengan benar.

-          Jika membeli seafood hidup seperti udang, lobster atau kepiting hidup; pastikan tanki tempat mereka disimpan memiliki air yang bersih. Pilih yang paling aktif bergerak. Menandakan kondisi yang segar.

-          Udang dijual dalam keadaan segar sebetulnya sudah pernah dibekukan. Untuk memastikan kesegarannya, periksa tekstur dan aromanya. Jika terlalu empuk dan berbau, hindari udang dalam kondisi ini.

-          Olah udang yang sudah dibeli dihari yang sama, tidak perlu disimpan lagi atau dibekukan ulang.

-          Jika membeli udang beku, setelah lumer lakukan tes yang sama seperti diatas sebelum dibersihkan dan digunakan dalam hidangan.

-          Untuk jenis kerang hidup seperti tiram atau remis, pilih yang tertutup rapat dan simpan didalam es sampai saat digunakan.

-          Singkirkan kerang yang tidak terbuka sewaktu dimasak, ini menandakan kerang tidak segar atau sudah rusak.

-          Semua jenis kerang dapat dimasak dengan dikukus.

-          Kerang juga udang dapat dibeli dalam kondisi masak dan siap digunakan. Walau rasanya sedikit berbeda tapi kualitasnya tetap baik; malah tetap tinggi.

-          Kerang, tiram dan remis dapat menggunakan resep yang sama. Resep dapat dikombinasi atau dikreasikan menjadi hidangan baru sesuai keinginan.

-          Beberapa jenis tertentu dari kerang dan tiram dapat dikonsumsi segar dan mentah. Jangan lupakan resiko kontaminasi yang dapat menimbulkan penyakit khususnya pencernaan.

-          Biasakan untuk membeli dari tempat yang sudah dikenal karena standar penanganan yang baik.

-          Kesegaran dari kerang hidup dapat diperiksa dengan membuka dan melihat isinya. Atau meletakannya pada lemari pendingin, kerang akan segera tertutup.

-          Jangan gunakan kerang dalam kondisi pecah atau remuk. Singkirkan kerang yang tidak bereaksi menutup kembali setelah diketuk

-          Bersihkan ‘janggut’ atau rambut dari kerang sebelum dimasak. Kerang berisi pasir dapat dibersihkan dibawah siraman air bersih.

-          Untuk kepiting, usahakan membeli dalam keadaan hidup atau sudah dimasak. Dan sikat bersih bagian badan sebelum dimasak.

-          Sekarang berbagai jenis ikan dan berkualitas mudah untuk ditemui dan dibeli. Ikan segar yang baru ditangkap selalu memberikan rasa terbaik sewaktu diolah.

-          Ikan berkualitas yang segar memiliki daging yang kenyal, sisik yang tidak berlendir, mata yang bersih (tidak buram) dan tidak berbau terlalu amis. Secara keseluruhan, seekor ikan segar terlihat seperti baru saja ditangkap dilaut.

-          Jika tidak memiliki tempat simpan didalam lemari pendingin, bersihkan ikan dan simpan tanpa daging saja (fillet) dan bekukan.

-          Ikan beku sebaiknya segera digunakan untuk mendapat rasa dan kondisi yang terbaik.

-          Membersikan ikan dengan baik, alasi koran dan letakan ikan diatasnya agar tidak licin. Mulai dengan memotong sirip dan cuci bersih, lalu mulai dari bagian ekor ke kepala.

-          Keluarkan isi perut dengan membelah bagian tengah dan kerjakan dengan perlahan.

-          Potong ikan sesuai keperluan jika hendak dimasak agar matang merata.

Share artikel ini:

Artikel Terkait