Tips Pintar Mengolah Pasta Ala Koki Italia

Hobi makan pasta? Siapa sih yang tak suka dengan makanan khas negeri Italia ini. Makanan yang terbuat dari tepung gandum ini memang banyak menghampiri restoran cepat saji yang ada di Indonesia. Hal itulah yang membuat banyak orang begitu gemar mengonsumsinya. Tidak hanya makan, Anda juga bisa membuat pasta ini sendiri di rumah lho. Penasaran? Budi Utomo, S.Pd, penulis Nestle menjelaskan kiat pintar mengolah pasta dalam lansiran di bawah ini.

Menurut Budi, pasta akan terasa kekenyalannya saat direbus hingga al dente. Isitilah tersebut diberikan untuk ukuran kematangan yang pas dalam pasta. Al dente sendiri memiliki ukuran tidak terlalu matang ataupun mentah, sehingga benar-benar pas dan kenyal ketika Anda kunyah dalam mulut. Untuk mendapatkannya, rebuslah pasta dalam air yang sudah mendidih. Pastikan airnya pas, tidak terlalu banyak dan tidak juga sedikit agar pasta memiliki tekstur yang tepat.

Jika dibuat perbandingan, 250 gram pasta kering direbus dalam 2,5 liter air agar bisa matang secara tepat dan kenyal. Dengan perbandingan ini, pasta akan mengembang sempurna dan tidak saling melengket satu sama lain. Biasanya, pasta basah memerlukan waktu lima menit untuk direbus. Sementara, pasta kering sedikit agak lama, yaitu sekitar delapan sampai sepuluh menit.

Bila kurang dari waktu masak tersebut, pasta akan mentah. Sebaliknya, jika Anda memasak lebih lama dari waktu itu, pasta akan menjadi terlalu matang dan kehilangan kekenyalannya. Supaya lebih gurih, tambahkan sedikit garam saat merebusnya.. Setelah matang, angkat dengan menggunakan sendok khusus peniris pasta agar tidak mudah berjatuhan.

Selagi masih panas, tambahkan dengan sedikit olive oil, minyak atau margarin agar pasta yang dimasak tidak saling menempel satu sama lain. Kemudian, campurkan dengan saus pelengkap atau bumbu yang sudah Anda siapkan. Cara ini akan membuat bumbu atau saus pasta lebih mudah meresap, dibandingkan saat pasta sudah dingin. Setelah semua siap, sajikan pasta tersebut dalam keadaan hangat. Selamat menikmati, ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait