©shutterstock

Ubah Badmood Jadi Goodmood dengan Enam Makanan Ini

Badmood dan goodmood merupakan bentuk suasana hati yang ada dalam diri. Meski ada dua perbedaan di antara keduanya, namun kapan ini terjadi kadang tak bisa ditebak begitu saja. Di pagi hari, mood mungkin sedang baik dan Anda bisa beraktivitas dengan lebih semangat. Namun, di siang atau sore hari suasana hati bisa saja berubah menjadi buruk lantaran stres yang melanda akibat kesibukan pekerjaan. Bila hal ini sudah terjadi, yuk atasi dengan enam makanan sehat berikut ini.

Salmon
Di urutan pertama ada salmon yang begitu lezat saat dihidangkan. Menurut Lisa Young, PhD, RD, pakar nutrisi dari New York University, salmon banyak mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membuat kesehatan otak lebih terjaga. Dengan begitu, suasana hati lebih bagus dan tak mudah stres. Cobalah untuk menyajikan makanan ini tiga kali dalam seminggu.

Bayam
Berikutnya ada bayam yang kaya kandungan magnesiumnya. Lisa Young mengatakan mineral ini dapat membantu mengurangi rasa lelah, mudah marah dan muram. Di samping itu, bayam juga banyak mengandung vitamin A, B dan C serta protein yang bisa memaksimalkan suplai energi dalam tubuh.

Yoghurt Yunani
Ada pula makanan sehat yang memiliki rasa khas seperti yoghurt Yunani. Lisa Young menjelaskan selain baik untuk menunjang program gaya hidup sehat, yoghurt Yunani juga dapat melancarkan produksi dopamin yang dapat membuat perasaan lebih bahagia. Di samping itu, makanan ini juga banyak kandungan norepinephrine yang bisa meningkatkan suplai energi dalam tubuh agar bisa bertahan lebih lama.

Tomat Cherry
Disebut demikian karena ukuran tomat ini sebesar buah cherry dan memiliki warna yang sama. Buah ini mengandung likopen, yaitu polinutrien yang dapat membantu menurunkan akumulasi badmood yang ada dalam otak. Kelebihan lainnya, buah ini rendah kalori, sehingga cocok buat Anda yang sedang menjalani program hidup sehat. Demikian yang disampaikan oleh Lisa Young.

Sandwich Tuna
Untuk makanan yang satu ini lebih komplit, yaitu sandwich tuna. Menurut Lisa Young tuna memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi dan baik untuk menjaga mood tetap bagus sepanjang hari. Selain itu, omega-3 yang terkandung dalam tuna mampu meningkatkan produksi hormon serotonin yang juga bisa membuat Anda merasa bahagia setiap saat. Kombinasi dengan roti gandum membuat Anda tak mudah lapar dan fokus kerja.

Blueberry
Buah yang satu ini menjadi sumber makanan terakhir yang bisa membuat suasana hati Anda lebih bagus. Blueberry  mengandung antosianin yang dapat mempertahankan goodmood Anda. Buah ini juga memiliki serat dan kandungan air yang cukup melimpah, sehingga membantu stamina tetap prima dan tak mudah dehidrasi. Begitulah yang disampaikan Lisa Young dalam ulasannya di Womens Health Mag.

Tunggu apalagi, yuk segera santap makanan-makanan tersebut di rumah. Sajikan juga dengan si kecil dan keluarga ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait