©shutterstock

Warna-warni Kacang Pendukung Pola Makan Sehat

Di tahun baru hidup sehat seharusnya bukan menjadi angan-angan belaka. Sudah waktunya untuk diterapkan. Mulai mengontrol pola makan, mengatur komposisi makan yang lebih bergizi, menyiapkan waktu olahraga dan juga meluangkan waktu istirahat yang cukup. Untuk pola makan sehat, perlu dukungan nutrisi yang baik dan seimbang.

Kacang-kacangan adalah salah satu sumber nutrisi yang layak untuk dijadikan menu sehat harian. Uniknya jenis kacang-kacangan ini cukup beragam sehingga Anda tak akan bosan menikmatinya setiap hari.

Almond
Kacang yang satu ini memang tampak sekali eksklusif manfaatnya bagi kesehatan. Bagaimana tidak? 100 gram almond menyumbang 42% kebutuhan protein harian. 100 gram almond juga mengandung 12 gram polyunsaturated fat  atau yang biasa disebut lemak baik. Salah satu lemak yang cukup bermanfaat bagi tubuh dari almond adalah asam lemak omega-3. Judy Caplan, RD, nutrisionis dari Academy of Nutrition and Dietetic Amerika, menjelaskan jika omega-3 dalam almond dibutuhkan oleh tubuh  agar otak agar lebih fokus dalam berpikir. Jumlah 4.5 kg almond setara dengan 23 biji kacang. Jumlah 4.5 kg almond setara dengan 23 biji kacang.

Pistachio
Tidak jauh beda dengan almond, kacang ini juga memiliki nutrisi yang tak kalah lengkap. Pistachio sebanyak 100 gram dapat memenuhi 40% kebutuhan protein harian dan mengandung lemak sehat sebanyak 14 gram. Selain omega-3 kacang ini juga memiliki kandungan serat yang melimpah. Hal ini sesuai dengan penjelasan Judy dalam lansirannya di Health.

Mede
Menurut Judy, 100 gram kacang mede mengandung protein sebanyak 18 gram atau setara dengan 36% kebutuhan protein harian. Kacang mede juga sehat karena tidak mengandung kolesterol. Kandungan omega-3 dan serat dari kacang mede pun tak kalah banyak, sehingga dapat membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi serta melancarkan proses pencernaan.

Demi manfaat yang lebih baik, Judy menyarankan agar tidak menggoreng kacang ini dengan minyak yang terlalu banyak. Kacang-kacang termasuk jenis makanan yang mudah menyerap minyak, sehingga bisa menambah kolesterol dalam tubuh. Sangrai atau mengoven kacang-kacangan ini adalah pilihan terbaik sebagai camilan sehat. Jika ingin menyajikan dalam menu utama, tambahkan kacang-kacangan ini dalam setiap kali memasak. Selamat mencoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait