Ingin Menambah Nafsu Makan Si Kecil? Ini Solusinya!

Memasuki fase ketika anak-anak mulai senang bermain, biasanya ia mulai perlahan kehilangan nafsu makannya. Kehilangan nafsu makan pada si kecil membuat Ibu pusing karena takut si kecil kekurangan gizi dan tidak tumbuh secara optimal? Ini dia beberapa hal yang dapat Ibu lakukan agar si kecil lebih bersemangat ketika waktu makannya tiba dan dapat memperoleh asupan gizi yang cukup.

  1. Membiasakan sarapan

Biasakan si kecil untuk memulai harinya dengan sarapan yang sehat. Mengonsumsi sarapan sehat dapat memulai proses metabolisme dalam tubuh setelah perut tidak diisi pada saat tidur di malam hari. Sarapan menjadi awal kedisiplinan waktu makan si kecil dan membuatnya lapar pada waktu yang tepat.  Membiasakan sarapan juga membuatnya tidak mudah untuk membeli camilan tidak sehat.

  1. Ajak ia beraktivitas fisik

Beraktivitas yang memicu pembakaran kalori dapat menjadi stimulasi untuk menambah nafsu makan. Agar nafsu makan si kecil bertambah, Ibu dapat mengajaknya bermain ke luar atau izinkan ia bermain permainan yang banyak didominasi gerakan aktif bersama teman-temannya. Jika si kecil banyak mengeluarkan energi karena bergerak, ia akan mudah merasa lapar dan nafsu makannya pun akan bertambah.

  1.  Ajak makan bersama

Nafsu makan umumnya dapat meningkat jika makan bersama-sama. Jika sebelumnya si kecil sering makan sendirian, hal tersebutlah yang mungkin menjadi kendalanya dalam menghabiskan makanan. Ajaklah anggota keluarga lain atau temannya ketika makan agar dapat menambah nafsu makan si kecil.

  1. Masak masakan favoritnya

Pada anak-anak yang tidak terlalu memiliki nafsu makan, jenis masakan dapat menjadi alasannya untuk menolak makanan yang disajikan oleh Ibu. Pada fase anak susah makan ini, Ibu sebaiknya menandai makanan apa saja yang disukai oleh si kecil. Sebagai permulaan, tawarkan ia makanan-makanan sehat favoritnya agar mampu menambah nafsu makan. Ketika nafsu makannya membaik, Ibu dapat mulai memperkenalkannya kepada jenis makanan yang lain.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait