vote

Solusi Jitu Menambah Nafsu Makan pada Anak

Kondisi si Kecil yang susah makan seringkali menyebabkan para orang tua khawatir, terutama bagi sang Ibu yang cemas akan kebutuhan nutrisi si Kecil. Oleh sebab itu, berbagai cara dilakukan untuk bisa menambah nafsu makan anak agar lebih baik dan stabil.

Kondisi si Kecil yang susah makan seringkali menyebabkan para orang tua khawatir, terutama bagi sang Ibu yang cemas akan kebutuhan nutrisi si Kecil. Oleh sebab itu, berbagai cara dilakukan untuk bisa menambah nafsu makan anak agar lebih baik dan stabil.

Menambah nafsu makan dibutuhkan sebagai bekal si Kecil untuk masa pertumbuhannya. Di masa tersebut si Kecil sedang mulai giat beraktivitas serta membutuhkan nutrisi untuk merangsang perkembangan otak maupun pertumbuhan tulang. Nah, berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa Ibu coba untuk menambah nafsu makan si Kecil.

  1. Biasakan Sarapan

Ibu bisa memulainya dengan sarapan sehat untuk si Kecil. Ya, membiasakan si Kecil untuk sarapan, berarti Ibu sudah membekali harinya dengan energi yang tepat. Sarapan di waktu yang tepat akan merangsang metabolisme tubuh secara optimal setelah perutnya kosong saat malam hari. Selain itu, kedisiplinan untuk sarapan ini bisa mengurangi risiko si Kecil untuk membeli camilan yang tidak sehat di luar, sekaligus melatihnya untuk makan di waktu yang tepat.

  1. Lakukan Makan Bersama

Menikmati makanan sendirian pasti menjadi rutinitas yang membosankan. Hal ini ternyata juga bisa berlaku bagi si Kecil lho Ibu. Oleh karena itu, cara yang tepat untuk menambah nafsu makan anak adalah dengan mengajaknya makan bersama.

  1. Ajak Beraktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik yang cukup banyak bisa merangsang rasa lapar dengan segera. Ibu bisa mencoba mengajak si Kecil bermain di luar, atau sekadar bercanda di rumah dan melakukan olahraga ringan untuk membantunya merasa lapar. Gerakan aktif yang dilakukan akan membutuhkan cukup banyak energi, dan di saat itulah makanan menjadi hal yang dibutuhkan.

  1. Jangan berikan tekanan

Jangan takut si Kecil menjadi kotor ketika ia mencoba makan sendiri. Jangan pula memaksakan si Kecil untuk mencoba makanan yang baru ia ketahui. Terakhir, hindari memberikan hukuman padanya jika ia tidak mampu menghabiskan makanannya, ya Bu.

  1. Libatkan dalam proses memasak

Cara lain agar menambah nafsu makan si Kecil adalah memberikan kepercayaan padanya untuk bersama-sama berbelanja, menyiapkan, serta mengolah makanannya. Dengan cara ini, si Kecil dapat memilih makanannya, namun jangan lupa untuk Ibu arahkan agar ia memilih makanan sehat dan seimbang ya.

Yang tidak kalah penting jika ingin menambah nafsu makan si Kecil adalah membangun hubungan emosional yang kuat antara Ibu dan si Kecil. Sikap sabar, tekun, dan selalu tersenyum diperlukan oleh Ibu ketika mendampingi si Kecil makan.

Terbaru