Tanamkan Sopan Santun Kepada Si Kecil Lewat Permainan Anak

537e106de1273ba217762e0cdefa324486bc6e9d.jpeg

Sopan santun pada anak memang perlu diajarkan sejak dini. Apalagi seiring dengan pertumbuhannya, kini si kecil mulai berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Mungkin, sudah banyak cara yang Ibu terapkan. Namun, terkadang orang tua merasa kesulitan membiasakan anak agar memiliki perilaku yang sopan. Cara terbaik untuk mengajar anak sopan santun adalah lewat permainan.

Berikut ini adalah permainan anak perempuan yang bisa Ibu lakukan untuk membimbingnya membiasakan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bermain Tamu-tamuan

Permainan anak perempuan yang satu ini pasti sering dimainkan oleh si kecil bersama teman-temannya. Selain menyenangkan, permainan tamu-tamuan ini juga dapat mengajarkannya bagaimana berperilaku sopan jika sedang bertamu ke rumah orang lain.

Coba minta si kecil menjadi tamu dan Ibu menjadi tuan rumahnya. Lakukan juga peran sebaliknya. Berperanlah sebagai tuan rumah yang sopan dan minta si kecil berperan sebagai tamu yang sopan. Mulai dari cara mengetuk dan membuka pintu. Ajarkan pada si kecil untuk mengetuk pintu terlebih dahulu dan bila si kecil menjadi tuan rumah, ajarkan ia untuk membuka pintu dan menyambut tamu dengan ramah.

Selain itu, ajarkan si kecil untuk untuk membiasakan diri berkata “tolong”, “permisi” dan “terima kasih” dengan baik dan benar kepada setiap orang yang ditemui. Melakukan permainan tamu-tamuan ini juga dapat memberikan kesempatan pada Ibu untuk mengajarkan si kecil agar selalu menatap mata orang lain saat berbicara dan tersenyum saat berinteraksi dengan orang lain. Jangan lupa juga ajarkan agar si kecil untuk tidak menginterupsi pembicaraan, apabila orang lain sedang berbicara sebagai bentuk sopan santun saat berinteraksi dengan orang lain.

 

Bermain Pesta Teh

Agar lebih menyenangkan, Ibu juga bisa mengajak si kecil bermain pesta teh. Permainan anak perempuan yang satu ini, bisa dilakukan si kecil bersama teman-temannya atau bahkan dengan mainan bonekanya.

Dengan permainan anak perempuan ini, Ibu bisa mengajarkan sopan santun di meja makan kepada si kecil, mulai dari mengajarkannya etika duduk manis tanpa mengangkat kaki ke atas kursi, menyajikan makanan di meja yang benar, etika makan yang santun, meminta sesuatu yang berada di seberang meja, dan bagaimana menyudahi makanan. 

 

Role Play

Permainan anak perempuan dengan bermain peran ini juga efektif untuk mengajarkan sopan santun pada si kecil. Selain memberikan contoh yang baik, Ibu juga bisa menanamkan nilai-nilai positif tentang kesopanan pada anak dengan mengajaknya bermain peran tentang keterampilan bersosialisasi.

Ibu bisa berikan contoh dialog, lalu jelaskan skenarionya.  Banyak hal soal etiket yang bisa Ibu masukkan dalam permainan peran ini. Saat berperan, si kecil akan menjadi "aktor" yang baik sehingga ia akan melakukan skenario yang sudah disepakati. Yang penting lagi, pastikan juga bahwa peran anak dalam permainan sandiwara ini sesuai dengan usianya.

Sebagai contoh, jika Ibu ingin mengajarkan si kecil untuk selalu mengatakan "tolong," jelaskan apa pentingnya mengatakan kata tersebut dan pada situasi seperti apa harus mengatakannya pada orang lain. Misalnya ketika Ibu meminta tolong untuk diambilkan sebuah buku atau barang. Jangan lupa juga untuk membiasakan si kecil mengatakan “terima kasih,” caranya Ibu bisa menyerahkan mainan kepadanya. Lalu ajak dia untuk mengatakan “terima kasih.” Beri respon kembali dengan mengatakan “terima kasih kembali.”

 

Jangan lupa puji aksi cerdas ketika si kecil ketika berperilaku baik dan sopan ya Bu. Tunjukkan bahwa Ibu sangat menghargai sikap positif ini. Jadilah orang tua yang selalu memberikan apresiasi kepada anak. Pujian merupakan motivasi manis untuk anak agar terus mempertahakan perilaku baik mereka di waktu mendatang.