vote

Yuk Lebih Selektif Memilih Jajanan Anak, Bu!

Menjaga kualitas asupan si Kecil merupakan salah satu cara yang dapat Ibu lakukan untuk membantu proses tumbuh kembangnya agar tetap optimal dan tidak mudah sakit.

  • Rate Artikel ini

Menjaga kualitas asupan si Kecil merupakan salah satu cara yang dapat Ibu lakukan untuk membantu proses tumbuh kembangnya agar tetap optimal dan tidak mudah sakit. Hal yang dapat Ibu lakukan untuk menjaga kualitas segala yang dikonsumsi si Kecil adalah menjauhkannya dari makanan yang tidak jelas kebersihan dan kandungan gizinya. Ibu juga perlu menghindari makanan yang berpotensi mengandung pewarna serta aneka zat kimia, seperti formalin atau boraks. Berikut beberapa tips yang dapat Ibu lakukan untuk menyeleksi jajanan si Kecil.

  1. Ajarkan si Kecil tentang camilan sehat

Resep jajanan anak kini banyak semakin bervariasi. Agar kesahatannya tetap terjaga, Ibu perlu memberikan edukasi kepadanya mengenai jajanan sehat. Menurut Dr. Ir. Heny Nuraini, Msi dalam bukunya yang berjudul Memilih & Membuat Jajanan Anak yang Sehat dan Halal, sedini mungkin si Kecil perlu diberikan penjelasan menengai masalah kebersihan dan kesehatan dari suatu jenis jajanan. Dengan demikian, jika si Kecil bersama teman-temannya membeli makanan di luar tanpa sepengetahuan Ibu, ia pun otomatis memiliki suatu standar kebersihan untuk jenis jajanan yang akan dibeli.

  1. Membawakan bekal favoritnya

Ibu dapat mengganti camilannya dengan yang lebih sehat agar kebutuhan nutrisinya tetap bisa terpenuhi. Dengan membawakannya bekal, Ibu juga dapat mengajaknya memperoleh manfaat lainnya, seperti menabung. Menabung dapat menjadi salah satu solusi yang tepat agar si Kecil tidak menghabiskan uang jajannya untuk membeli makanan atau minuman tertentu. Daripada jajan, Ibu dapat mengarahkannya untuk menyimpan uang untuk suatu barang yang ia idam-idamkan. Ajak si Kecil untuk menghitung bersama berapa jumlah uang yang bisa ia simpan setiap hari untuk bisa mendapatkan barang yang ia inginkan.

 3. Membuatkannya kreasi jajanan sehat

Agar si Kecil tidak tergoda untuk jajan jajanan yang tidak sehat, Ibu dapat mencoba aneka kreasi resep jajanan anak yang ia sukai. Mulailah untuk bertanya padanya jenis jajanan kesukaannya yang biasa dibeli,kemudian jangan bosan untuk mencari informasi resep jajanan anak Ibu, ya. Dengan membuat sendiri, Ibu bisa menambahkan aneka bahan menyehatkan atau mengganti bahan yang dianggap kurang baik untuk tubuh si Kecil dengan yang lebih baik.

Artikel Terkait

Terbaru