©shutterstock

Lebih Dekat dengan Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Si Kecil

Beraroma khas saat diseduh bersama air panas dan begitu hangat di badan saat dirasakan. Ungkapan tersebut cukup sesuai untuk menggambarkan jahe. Bumbu dapur ini memang jarang absen digunakan dalam setiap masakan. Apalagi untuk masakan Indonesia yang kental akan rempah-rempah, jahe akan sering dijumpai di dalamnya. Terlepas dari perannya dalam dunia masak-memasak, jahe ternyata banyak memiliki khasiat kesehatan.

Mengatasi perut kembung
Khasiat pertama dari jahe adalah dapat mengurangi gangguan pencernaan seperti kembung. Menurut Alyssa Jung, ahli kesehatan dari Reader’s Digest Association, kembung diakibatkan oleh udara yang terlalu banyak di dalam perut dan sulit dikeluarkan. Mengunyah irisan jahe atau mencapurkannya ke dalam minuman hangat seperti teh dapat membantu mengatasi kembung dan mendorong gas dalam perut keluar.

Mengurangi pusing
Studi yang dilakukan di Amerika dalam lansiran Reader’s Digest menyebutkan jika jahe dapat membantu mengurangi pusing kepala. Zat anti-inflamasinya dapat membendung hormon yang bisa memicu inflamasi berlebihan dan membuat kepala menjadi pusing. Buat irisan jahe dan tempelkan di bagian kiri-kanan kepala. Efek hangatnya dapat membantu mengurangi rasa sakit di kepala.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Alyssa menambahkan bahwa jahe juga menyimpan senyawa antioksidan. Zat ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Anda bisa memasukkan jahe ini ke dalam segelas susu hangat buat si kecil. Bisa juga dimasukkan ke dalam masakan maupun dicampurkan dalam kue jahe yang begitu digemari anak-anak.

Mencegah gangguan mulut
Lebih lanjut Alyssa menjelaskan jika jahe juga memiliki peran yang baik untuk menjaga kesehatan mulut. Fungsi anti-inflamasi dari rempah ini bisa menjauhkan si kecil dari gangguan mulut seperti iritasi sampai bau mulut. Sebab, lapisan mukosa termasuk bagian mulut yang sering mengalami iritasi akibat infeksi bakteri.

Sungguh hebat kan peran jahe ini untuk kesehatan, sering-sering memasukkannya dalam setiap masakan yang Anda buat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait