©shutterstock

Amankah Madu Dikonsumsi Si Kecil?

Selain gula, alam juga menyediakan pemanis alami yang lebih menyehatkan, yaitu madu. Yap! Pemanis yang satu ini memang dikenal juga sebagai obat untuk mengobati penyakit ringan seperti sariawan atau sakit tenggorokan. Namun, banyak orang tua yang masih ragu untuk memberikan madu kepada si kecil. Mereka ragu apakah bahan makanan ini aman atau tidak. Kalau menurut Anda, bagaimana Bu?

Debra McKenzie, seorang penulis jurnal “Obesity Research” mengatakan bahwa tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh si kecil yang berusia di bawah satu tahun karena bisa menimbulkan penyakit spora botulisme. Meskipun kemungkinannya kecil, tapi paling tidak sebuah tindakan pencegahan harus dilakukan demi si kecil.

Apa sih botulisme itu?

Botulisme merupakan penyakit serius yang mengarah pada kelumpuhan dan bisa berakibat fatal. Pada bayi, spora dalam madu bisa menyebabkan botulisme karena ususnya yang belum sempurna memungkingkan spora tumbuh dan berkembang biak. Maka dari itu, jangan pernah memberikan madu pada anak-anak yang berusia kurang dari satu tahun ya, Bu.

Sebuah survei madu di Amerika menemukan bahwa 10% dari sampel madu mengandung spora botulisme. Untuk mematikan spora ini, madu sampel tadi dipanaskan selama enam jam pada suhu tinggi. Cukup ribet ya? Mending hindari saja Bu. Masih banyak kok makanan sehat yang bisa membantu menjaga kesehatan si kecil selain madu.

Kenapa orang dewasa dan anak-anak di atas satu tahun boleh makan madu?

Debra menjelaskan, pencernaan pada anak-anak besar dan orang dewasa sudah sempurna sehingga mampu untuk mencegah kelangsungan hidup spora dan pertumbuhannya.

Ulasan dari Jornal of the American College of Nutrition mengungkapkan, madu yang diberikan pada anak-anak di atas usia satu tahun akan membantu menstabilkan berat badan dan meningkatkan kekebalan mereka. Si kecil juga terhindar dari alergi dan rasa manis madu yang akan memberikan kenikmatan sendiri pada masakan.

Well, semoga informasi ini bisa membantu ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait