@shutterstock
vote

Flying Fox Aman di Tempat Outbond

Flying fox hanya mengandalkan seutas tali yang direntangkan dari tempat tinggi ke tempat rendah.

  • Rate Artikel ini

Si Kecil punya waktu liburan yang lumayan panjang? Ajak saja di main ke tempat outbond. Di sana si Kecil bisa menjajal beraneka macam permainan ketangkasan seperti memanjat, berjalan di atas jembatan gantung, merangkak, lempar karung bantal, hingga bermain lumpur.

Di samping itu ada satu permainan yang sangat di tunggu oleh si Kecil, yaitu flying fox. Aktivitas ini hanya mengandalkan seutas tali yang direntangkan dari tempat tinggi ke tempat rendah. Kemudian ada konektor yang menghubungkan pengaman tubuh ke tali untuk meluncur. Kedengarannya memang sederhana, tapi prosedur keamanannya cukup ribet lho.

Pengaman Tubuh

Sebelum meluncur si Kecil harus dipasangi berbagai macam pengaman. Mulai dari pelindung lutut, sarung tangan, pelindung siku, helm, dan harnes. Fungsinya untuk mencegah si Kecil mengalami cedera. Kalau ada yang rambutnya panjang, maka harus diikat supaya tidak tersangkut.

Harnes berfungsi sebagai tumpuan ketika meluncur. Oleh karena itu pengaman yang satu ini harus dipasang dengan kuat namun tidak boleh terlalu ketat. Saat instruktur flying fox memasangkan harnes ke pinggang, pastikan si Kecil tidak menahan perutnya supaya bisa terpasang dengan sempurna.

Untuk pakaian, usahakan pakai celana ya agar meluncurnya lebih gampang. Lagi pula kalau si Kecil memakai rok, harnes akan susah masuk dan si Kecil menjadi tidak nyaman ketika meluncur nanti.

Prosedur Meluncur

Setelah alat pengaman terpasang di tubuh si Kecil, sekarang saatnya meluncur. Instruktur akan memasangkan konektor ke harnes dan tali berupa life line. Kalau si Kecil sudah siap, life line tadi akan dilepas dan, wusss..... dia meluncur dengan mulusnya.

Rasa Gugup

Sebagian besar anak-anak merasa gugup saat pertama kali mencoba permainan outbond yang satu ini. Untuk mengatasinya, Anda harus memberikan si Kecil semangat dan motivasi supaya rasa gugupnya hilang. Ajak dia menarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan supaya perasaannya lebih tenang.

Pada dasarnya permainan ini sangat menyenangkan. Apalagi si Kecil bisa mengetahui rasanya terbang membelah udara meskipun hanya sekejap. Jadi, ketika outbond jangan lupa mengajak si Kecil bermain flying fox ya. Selamat bersenang-senang.

Terbaru