Mengenal Manfaat Gobak Sodor, Permainan Olahraga Tradisional
vote

Mengenal Manfaat Gobak Sodor, Permainan Olahraga Tradisional

Ada permainan olahraga tradisional yang cukup populer dimainkan berkelompok disertai instruksi dengan kata-kata tersebut, apalagi kalau bukan gobak sodor. Permainan tradisional khas Indonesia ini dapat melatih anak mengambil keputusan dengan cepat.

  • Rate Artikel ini

Ada permainan olahraga tradisional yang cukup populer dimainkan berkelompok disertai instruksi dengan kata-kata. Namanya gobak sodor.

Gobak sodor atau galasin atau galah asin merupakan salah satu permainan olahraga tradisional khas Indonesia. Gobak sodor berasal dari gobak yang artinya bergerak dengan bebas dan sodor yang artinya tombak. Olahraga tradisional ini dilakukan dua kelompok yang masing-masing berisikan 3-5 orang.

Baca juga: Permainan Tradisional

Peraturan dasar dari permainan gobak sodor ini adalah mempertahankan garis pertahanan terakhir dengan cara menghadang atau menghalang-halangi lawan yang berusaha berlari meloloskan diri menembus garis pertahanan. Tim yang meloloskan semua anggota akan menjadi pemenang. Sedangkan bila ada salah satu anggota tim yang tertangkap atau tersentuh lawan, secara langsung akan membuat timnya gugur dan bergantian menjaga benteng. Bentuk benteng hanya berupa tanah atau tempat yang dibagi enam bagian dengan tiga garis horisontal dan satu garis vertikal. Biasanya menggunakan kapur tulis untuk menggaris ubin.

Berlarian dengan cepat, menghadang tim lawan dengan cekatan, dan menggerakkan tubuh dengan spontan menjadi aktivitas fisik yang bakal dijalani saat bermain gobak sodor. Wajar bila akhirnya Kementerian Pemuda dan Olahraga memasukkan gobak sodor sebagai salah satu bentuk permainan olahraga tradisional Indonesia. Bila dilakukan anak-anak, gobak sodor dapat membantu melancarkan proses tumbuh kembangnya.

Tubuh si kecil yang terbiasa digunakan untuk bergerak akan dipenuhi dengan otot yang terbentuk. Selain itu, tulangnya bisa tumbuh dengan kuat dan padat, sehingga akan menyokong postur tubuhnya menjadi lebih tegap.

Permainan ini juga melatih anak untuk mengambil keputusan dengan cepat. Keputusan itu diambil saat mereka sedang bergerak serta harus bisa mengatur supaya tidak bisa disentuh oleh lawan.

Baca juga: Dampak Sosial Olahraga bagi Pola Pikir Anak

Gobak sodor juga mengajak anak untuk aktif berkoordinasi dengan temannya untuk mencapai kemenangan. Anak-anak secara tidak langsung terlatih untuk bekerja sama dan berkoordinasi dengan temannya. Sebab, bila tidak, mereka akan terkena lawan dan kalah.

Karena permainan ini membutuhkan banyak orang, mintalah si Kecil untuk mengajak teman-temannya. Bila sudah, ajarkan cara bermainnya hingga si Kecil antusias untuk melakukan olahraga tradisional ini setiap hari.

Selamat bernostalgia bersama buah hati ya, Bu.

Terbaru