vote

Tips Mengolah Masakan Daging Sapi Agar Empuk dan Lezat

Masakan daging sapi yang lezat ditandai dengan daging yang lembut dan mudah dicerna. Tidak sulit mengolah masakan daging sapi agar lembut, empuk dan lezat. Berikut tips-tipsnya.

  • Rate Artikel ini

Masakan daging sapi memang menjadi andalan untuk menu hari raya. Daging sapi bisa digunakan untuk berbagai macam masakan, mulai dari sate, sup, rendang, gulai, dan masih banyak lagi variasi yang bisa dilakukan dalam mengolah daging menjadi menu masakan yang lezat.

Masakan daging sapi yang lezat ditandai dengan daging yang lembut dan mudah dicerna. Tenang saja Bu, tidak sulit kok mengolah masakan daging sapi agar lembut, empuk dan lezat. Berikut tips-tipsnya.

Potong Daging Melintang Seratnya

Cara memotong daging ternyata bisa mempengaruhi daging empuk atau tidak. Memotong daging yang benar adalah melawan alur urat dan seratnya. Memotong dengan cara ini bisa membantu agar daging menjadi empuk setelah dimasak nanti, dan tentunya menjadi masakan daging sapi yang lezat.

Pukul-Pukul Daging

Cara lain agar masakan daging sapi empuk dan lezat adalah memukul-mukul daging sebelum dimasak. Cara ini melemaskan otot-otot daging sapi dan serat-seratnya sehingga lebih lembut dan empuk setelah dimasak nanti. Memukul-mukul daging bisa dilakukan dengan palu atau tangan kosong.

Berikan Bumbu

Membumbui daging sapi sebelum memasaknya juga ternyata bisa membuat masakan daging sapi jadi lebih empuk, lho! Kebanyakan bahan yang digunakan dalam bumbu mengandung asam (misalnya cuka). Bahan ini akan mengolah daging sapi agar tidak alot, bahkan sebelum dimasak sehingga menghasilkan masakan daging sapi yang empuk.

Atur Temperatur

Seringkali masakan daging sapi tidak dilakukan dengan benar karena cara memasaknya yang salah. Terlalu matang akan membuat daging alot dan sulit dikunyah, dan ini biasanya dikarenakan memasak daging di temperatur yang salah. Biasanya temperatur yang tepat untuk masakan daging sapi agar empuk adalah 145 derajat Fahrenheit.

Masak Perlahan

Daging sapi, terutama yang tebal membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dimasak. Memasak daging sapi secara perlahan akan menghancurkan jaringan-jaringan di dalam dagingnya sehingga lebih empuk dan sedap untuk disantap. Namun hati-hati, memasak daging sapi terlalu lama akan membuatnya terlalu matang sehingga keras dan sulit dikunyah.

Artikel Terkait

Terbaru