vote

Tips Tepat Mencegah Kolesterol Saat Santap Menu Hari Raya

Menu hari raya memang lezat dan mengundang lidah untuk bergoyang, tapi makanan ini biasanya mengandung kolesterol tinggi yang dapat membahayakan tubuh. Ada triknya untuk mencegah kolesterol tinggi tanpa mengganggu kenikmatan santapan Hari Raya.

  • Rate Artikel ini

Menu hari raya memang lezat dan mengundang lidah untuk bergoyang. Sate kambing, gulai, rendang, semua yang serba daging menghiasi meja di hari raya. Makanan-makanan ini biasanya mengandung kolesterol tinggi yang dapat membahayakan tubuh.

Bagaimana mencegah kolesterol dalam tubuh agar kadarnya tidak terlalu tinggi? Hal ini sangat penting karena kolesterol berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke, juga penyakit-penyakit lainnya yang berkaitan dengan penyempitan pembuluh darah. Berikut tips tepat mencegah kolesterol saat santap menu hari raya tanpa mengurangi kelezatannya.

Gunakan Minyak Zaitun

Saat mengolah daging dan bahan makanan lainnya yang menggunakan minyak, cobalah untuk mengganti penggunaan minyak masak biasa dengan minyak zaitun. Minyak zaitun dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol LDL hingga 15 persen karena mengandung banyak antioksidan dan tidak menggunakan lemak anti jenuh, tepat sekali untuk mencegah kolesterol.

Kacang Sebagai Camilan

Kacang-kacangan seperti kacang almond atau walnut juga bisa mencegah kolesterol agar kadarnya tidak terlalu tinggi dalam tubuh. Namun tetap awasi konsumsi kacang, karena makanan ini mengandung kalori yang cukup tinggi.

Pergunakan Banyak Bumbu

Mencegah kolesterol juga dapat dilakukan dengan menggunakan bumbu atau rempah-rempah seperti bawang putih, lada hitam, kayu manis, dan jahe untuk menambah rasa di menu masakan Anda. Riset menunjukkan bahwa mengkonsumsi setengah siung bawang putih setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh hingga 9 persen. Ditambah lagi, menggunakan bumbu-bumbu alami ini pasti membuat makanan Anda semakin sedap.

Perbanyak Serat

Dalam menu makanan hari raya, perbanyak serat sebagai pendamping makanan untuk mencegah kolesterol. Serat bisa ditemukan di kacang-kacangan, biji-bijian serta juga buah-buahan. Mencegah kolesterol pun bukan berarti mengurangi nikmat santap hari raya, bukan?

Selingi dengan Ikan

Makanan hari raya memang identik dengan daging-dagingan. Untuk mencegah kolesterol, coba variasikan menu dengan menyajikan hidangan ikan di meja makan. Omega-3 dalam ikan terbukti sehat bagi jantung dan mengurangi kolesterol dalam tubuh. Beberapa ikan yang mengandung omega-3 tinggi antara lain salmon, sarden, dan tuna.

Artikel Terkait

Terbaru