vote

Tradisi Tahun Baru di Berbagai Negara

Happy New Year, Chu Shen Tan, Bonne Annee, Buon Capodanno,

  • Rate Artikel ini
Happy New Year, Chu Shen Tan, Bonne Annee, Buon Capodanno, semua ucapan berbagai bahasa ini selalu diucapkan pada malam pergantian tahun di seluruh dunia, dan memiliki arti yang sama: Selamat Tahun Baru. Dan seperti beragamnya bahasa di dunia, beragam pula tradisi yang mengiringi datangnya pergantian tahun di berbagai negara dan belahan dunia. Coba intip, mungkin bisa jadi ide untuk merayakan pergantian tahun yang akan segera tiba.

Kolombia
Keluarga-keluarga di Kolombia membuat “boneka” yang melambangkan Año Nuevo (the old year) dari jerami dan diberi baju atau aksesori tua dari semua anggota keluarga. Kemudian tiap orang menulis tentang kesalahan atau nasib buruk yang ingin “dibuang” pada selembar kertas. Tepat tengah malam, boneka dan kertas ini dibakar hingga menjadi abu. Selamat tinggal kelakuan dan nasib buruk!

Yunani
Tepat tengah malam, kepala keluarga akan memotong Vasilopita (Roti Tahun Baru), yang didalamnya berisi sebuah koin atau jimat. Anggota keluarga yang menerima potongan roti berisi koin atau jimat tersebut dipercaya akan mendapatkan nasib baik sepanjang tahun.

Ekuador
Masyarakat negara ini memiliki ritual yang dipercaya dapat melindungi, memberikan kesehatan dan kemakmuran, yaitu dengan memakan 12 buah anggur sebelum tengah malam, sembari melontarkan satu harapan setiap memakan sebutir anggur. Ritual populer lain adalah mengenakan pakaian dalam berwarna kuning, karena dianggap dapat menarik energi positif di tahun yang baru.

Jepang
Kuil-kuil Budha di Jepang membunyikan lonceng sebanyak 108 kali sepanjang malam antara tanggal 31 Desember hingga tanggal 1 Januari. Setiap dentang lonceng melambangkan 108 pikiran kotor yang dimiliki setiap orang.

Filipina
Di Filipina terdapat serangkaian tradisi pergantian tahun yang masih dijalankan oleh sebagian besar masyarakatnya. Diantaranya menggunakan pakaian dengan motif lingkaran, karena dipercaya bahwa lingkaran dapat “menarik” uang dan keberuntungan. Selain itu, juga dihidangkan buah-buahan berbentuk bulat, mengguncangkan koin dalam loyang sambil mengelilingi rumah, serta membuat suara sekeras mungkin untuk mengusir roh jahat dalam rumah.

Meksiko
Masyarakat Meksiko percaya, bahwa pada malam pergantian tahun, orang yang ingin mendapatkan pasangan sebaiknya mengenakan pakaian dalam berwarna merah, dan yang menginginkan uang mengenakan pakaian dalam berwarna kuning. Tradisi lain adalah meletakkan kopor di luar rumah, sebagai simbol akan datangnya perjalanan-perjalanan di tahun yang baru.

Skotlandia
Hogmanay adalah istilah yang diberikan orang Skotlandia untuk hari terakhir sebuah tahun. Tradisi paling populer adalah first footing, yang dimulai segera setelah tengah malam. Intinya adalah menjadi orang pertama yang melewati pintu masuk rumah kerabat atau tetangga, membawa hadiah simbolis seperti garam, batu bara, roti, wiski, atau fruit cake yang melambangkan berbagai keberuntungan bagi pemilik rumah. Seorang pria berambut hitam dipercaya sebagai keberuntungan, karena dianggap sebagai Scotsman asli.