Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

12 Serba-serbi Gandum Utuh yang Perlu Ibu Ketahui

Alasan Si Kecil Harus Aktif & Cara Agar Membiasakannya Aktif Bermain

Gandum utuh sudah menjadi bagian dari pemenuhan gizi manusia sejak zaman dahulu. Gandum utuh juga disebut sebagai pilihan yang sehat bagi si Kecil dan seluruh anggota keluarga. Tapi sebenarnya apa saja yang termasuk gandum utuh? Bahan pangan apa saja yang terbuat dari gandum utuh dan apa saja manfaatnya bagi tubuh? Yuk Bu, simak berbagai fakta dan serba-serbi gandum utuh di bawah ini!
 
1.     Seluruh bagian dari gandum utuh dapat dimakan dan mengandung berbagai zat gizi.
 
2.     Bekatul adalah lapisan luar gandum yang kaya serat dan mengandung vitamin B dan antioksidan.
 
3.     Endosperma adalah pati di bagian tengah gandum yang mengandung protein, karbohidrat dan vitamin B.
 
4.     Benih adalah bagian dalam gandum yang mengandung vitamin B, vitamin E, magnesium antioksidan dan lemak tak jenuh (omega 6) .
 
5.     Yang termasuk gandum utuh adalah gandum bulgur, gandum pecah kulit, , , oat utuh atau whole oats,  dan jenis gandum yang masih dijaga keutuhannya .
 
6.     Gandum yang diolah menjadi makanan ‘putih’, seperti roti putih dan beras putih, umumnya bagian luar gandum (bekatul dan benih) dibuang sehingga kandungan gizinya tak sebanyak gandum utuh.
 
7.     Gandum utuh umumnya diolah menjadi roti, pasta,  dan sereal.
 
8.     Salah satu manfaat terbesar gandum utuh adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
 
9.     Mengonsumsi bahan pangan yang terbuat dari gandum utuh juga dapat mencegah si Kecil mengalami obesitas dan diabetes tipe 2.
 
10.  Gandum utuh kaya akan serat sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.
 
11.  Beberapa jenis gandum utuh dapat mengandung gluten dan tipe protein sehingga mereka yang alergi atau intoleran terhadap zat tersebut sebaiknya menghindari.
 
12.  Gandum utuh rendah kandungan lemak jahat dan kolesterol.
Mengonsumsi gandum utuh dapat memberikan banyak manfaat bagi si Kecil untuk menjaga kesehatan dan sebagai sumber energi untuk mendukungnya tetap aktif. Ibu dapat mengolah bahan pangan gandum utuh menjadi berbagai macam menu, baik untuk menu sarapan, bekal sekolah, makan siang, makan malam, maupun camilan.

Artikel Terkait

5 Hal Penting dalam Menyiapkan Menu Sarapan Sehat untuk Si Kecil

Selengkapnya

4 Jenis Minuman Sehat Selain Air Putih untuk Temani Aktivitas Anak

Selengkapnya

Makan Buah Segar, Kering atau Beku. Mana yang Lebih Baik?

Selengkapnya