Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

4 Fakta Seputar Manfaat Sarapan Pagi

4 Fakta Seputar Manfaat Sarapan Pagi

Banyak mitos seputar sarapan pagi yang masih dipercaya padahal tidak sepenuhnya benar atau malah salah sama sekali. Nah, agar terhindar dari kebiasaan sarapan yang kurang sehat, yuk ketahui lebih banyak mengenai fakta seputar manfaat sarapan pagi bagi seluruh anggota keluarga.

  1. Sarapan mempengaruhi kelancaran belajar si Kecil
    Ya, sarapan bukan hanya agar perut kenyang di pagi hari, tetapi juga sebagai bekal bagi si Kecil untuk belajar di sekolah nanti. Manfaat sarapan pagi yang sehat bagi si Kecil adalah meningkatkan daya ingat, kemampuan memecahkan masalah dan agar dapat berkonsentrasi dengan baik sepanjang hari itu. Sarapan menyediakan zat gizi yang dibutuhkan oleh sistem saraf pusat agar proses berpikir menjadi efisien. Dari menu sarapan yang sehat si Kecil juga akan mendapat asupan glukosa yang dibutuhkan otaknya dan zat gizi lain untuk mendukung kognitif. Kekurangan asupan gizi di pagi hari dapat menurunkan kemampuan konsentrasi dan lemas saat beraktivitas di sekolah.

  2. Sarapan dapat membantu membantu mengontrol nafsu makan
    Menyantap sarapan dapat membuat kita merasa lebih kenyang sehingga nafsu makan saat makan siang atau makan malam nantinya dapat terkontrol. Efek lebih jauhnya adalah sarapan dapat membantu Ibu mengontrol berat badan. Tetapi, agar manfaat sarapan pagi yang satu ini bisa dirasakan dengan optimal, Ibu harus memastikan menu sarapan yang disantap sudah tepat. Yaitu sarapan yang kaya serat, protein, rendah lemak dan karbohidrat dari sumber yang juga kaya serat.

  3. Menu sarapan harus lengkap zat gizinya
    Banyak orang yang masih menyantap sarapan jika sempat saja. Kalaupun sudah rutin sarapan, seringkali kualitas sarapannya belum optimal, misalnya hanya dengan konsumsi teh, kopi atau makanan ringan. Padahal, agar manfaat sarapan pagi optimal dalam mendukung aktivitas harian, kandungan gizinya juga harus diperhatikan. Sepotong roti isi selai saja tentunya tidak cukup. Sajikanlah menu sarapan bergizi lengkap seperti roti sandwich dengan sayuran dan telur, atau lontong sayur disertai dengan buah-buahan.

  4. Sarapan rutin membantu menjaga kesehatan anak
    Jika si Kecil rutin menyantap sarapan dengan menu seimbang, ia akan terhindar dari berbagai penyakit. Manfaat sarapan pagi adalah menjaga agar indeks massa tubuh sehingga si Kecil terhindar dari kegemukan dan berbagai menyakit yang menyertainya. Selain itu, rutinitas sarapan juga membantu kebutuhan gizi harian si Kecil selalu terpenuhi sehingga ia memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas dan terjaga daya tahan tubuhnya agar tak mudah tertular penyakit. Hal ini tentunya juga berlaku bagi anggota keluarga yang lainnya.

Artikel Terkait

Cereal Pilihan Sarapan Praktis dan Sehat

Selengkapnya
Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Selengkapnya

Tidak Hanya untuk Fisik, Inilah 3 Manfaat Lain Sarapan Pagi...

Selengkapnya