Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

5 Fakta Nutrisi Yang Perlu Diketahui

5 Fakta Nutrisi Yang Perlu Diketahui

Dewasa ini pemahaman akan nutrisi sudah semakin mudah untuk dilakukan. Mulai dari penyajian label nutrisi yang dapat membantu memahami kandungan gizi pada makanan secara mudah, hingga beragam media yang bisa digunakan untuk memahaminya secara lebih mudah khususnya pada anak-anak. Meski demikian, tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang belum paham tentang beberapa fakta nutrisi.

Kris Gunnars, seorang pakar nutrisi dan kesehatan, sekaligus CEO dan Pendiri 'Medical Student' Amerika Serikat, memaparkannya sebagai berikut.
Banyak gula, banyak penyakitGula memang menjadi salah satu sumber kalori yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan gula ini, tubuh dapat melangsungkan proses metabolisme dengan lebih lancar. Hasilnya tubuh akan memiliki banyak energi untuk menjalani beragam aktivitas sepanjang hari. Namun, jika gula ini digunakan dalam jumlah banyak, maka juga akan menyebabkan risiko penyakit yang serius, seperti diabetes. Ironisnya, banyak orang yang sering menggunakan tambahan gula dalam setiap sajian.
Omega-3 penting bagi otak
Tak banyak orang yang tahu bahwa nutrisi yang satu ini sangat berperan dalam membangun sistem tubuh. Kekurangan omega-3 dapat menyebabkan otak tak bisa bekerja maksimal, sehingga rawan mengalami kebodohan. Salah satu makanan yang jarang dimakan secara rutin adalah ikan. Orang lebih memilih junk food atau fast food. Padahal, ikan adalah sumber omega-3 yang paling melimpah.
Bahaya lemak transSiapa yang tak suka dengan gorengan? Makanan yang berasa gurih dan selalu menggoda nafsu makan ini memag banyak diminati orang. Tapi, tahukah Anda jika minyak goreng merupakan sumber lemak trans yang paling besar. Lemak tak sehat ini akan menyebabkan beragam gangguan penyakit yang berbahaya, khususnya yang berhubungan dengan organ dalam, seperti jantung.
Sehat dengan sayuranSayuran menjadi salah satu makanan yang sepi penggemar, terutama bagi mereka yang enggan untuk menjalani gaya hidup sehat. Padahal jika tahu, makanan ini merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan juga antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan nutrisi tersebut, tubuh dapat memiliki kekebalan yang tinggi dan terhindar dari beragam penyakit berbahaya.
Vitamin D dan sinar matahariBukan hanya sedikit orang yang paham bahwa sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D. Realitanya, tak banyak orang gemar bangun pagi dan melakukan olahraga sembari menikmati matahari pagi. Dampaknya, masalah penuaan dini dan osteoporosis mulai menyebar di mana-mana. Hal ini lantaran regenerasi sel kulit tak bisa berjalan maksimal. Begitu juga tulang yang mudah dan keropos, lantaran vitamin D tak diterima dalam tubuh secara maksimal.

Itulah beberapa fakta nutrisi yang dapat Anda ketahui, semoga dapat hidup lebih sehat lagi, ya.

Artikel Terkait

Dancow FortiGro, Nutrisi Tinggi dan Rendah Gula Untuk Si Keci

DANCOW FortiGro, Nutrisi Tinggi dan Rendah Gula...

Selengkapnya
Memahami Status Gizi Anak

Memahami Status Gizi Anak

Selengkapnya
4 Elemen Penunjang Proses Tumbuh Kembang Anak

4 Elemen Penunjang Proses Tumbuh Kembang Anak

Selengkapnya